Wakil Bupati Barito Utara Apresiasi Pasar Tani

MUARA TEWEH – Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra mengunjungi langsung pasar tani yang digelar Dinas Pertanian Barito Utara setiap Jumat.

Wakil Bupati, Sugianto Panala Putra menyambut baik gelaran yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian tersebut. “Dengan adanya Pasar Tani ini, diharapkan konsumen mendapatkan sayuran segar langsung dari petani,” jelas Sugianto, Jumat 5 Maret 2021.

Disamping para petani dapat meningkatkan pendapatannya, dikarenakan bertransaksi langsung dengan konsumen. Wakil Bupati mengapresiasi langkah yang diambil oleh Dinas Pertanian dalam rangka pemberdayaan petani dan kelompok tani di Kabupaten Barito Utara.

“Dalam aktivitas jual beli jangan lupa untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah,” tandas Sugianto.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Syahmiludin A Surapati pasar tani ini diadakan dengan maksud untuk meningkatkan perekonomian pertanian di Kabupaten Barito Utara.

Disampaikannya, jumlah pedagang pergelaran pasar tani minggu sebelumnya sebanyak 15 pedagang, Minggu ini meningkat menjadi 20 pedagang. “Dengan Pasar Tani diharapkan jumlah produk yang ada di level petani Barito Utara dapat diketahui oleh konsumen,” jelas syahmiludin.

Untuk harga, kata dia, hampir sama dengan di tingkat pasar, tetapi petani maupun kelompok tani dapat menjual langsung produknya tanpa melalui perantara pedagang.

Pasar Tani akan dilaksanakan sampai dengan waktu yang tidak ditentukan, hal ini melihat perkembangan di lapangan. “Apabila nantinya minat petani dan kelompok tani masih ada dan konsumen tetap ada, maka gelaran Pasar Tani akan tetap dilaksanakan,” ungkapnya.(Red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait