Vaksinasi Sebagai Peningkatan Kekebalan Tubuh Terhadap Covid-19

MUARA TEWEH – Pemerintah Kabupaten Barito Utara telah mencanangkan vaksinasi covid-19 yang secara resmi dilakukan oleh Bupati Barito Utara di halaman kantor bupati setempat, Senin 8 Februari 2021.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara, H Siswandoyo mengatakan bahwa pemberian vaksinasi covid-19 ini sebagai upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh individu dan kelompok.

“Selain itu juga sebagai upaya menjaga Kesehatan masyarakat sehingga dapat memutus rantai penyebaran covid-19, khsusunya di Kabupaten Barito Utara,” tambahnya, Senin 8 Februari 2021.

Dikatakan Siswandoyo pula, bahwa pencanganan vaksinasi Covid-19 ini merupakan wahana untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat akan keamanan dan kehalalan vaksin yang digunakan, sertamensosialisasikan kegiatan vaksinasi covid-19.

“karena vaksin covid-19 ini sudah ada rekomendasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyatakan vaksin halal untuk digunakan,” jelasnya.

Sedangkan untuk ijin edar pemakaian vaksin, lanjut dia, juga sudah mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

Siswandoyo juga menyampaikan bahwa waktu pelaksanaan vaksinasi covid-19 tahap I yakni pada Januari – April 2021 dengan jumlah sasaran 1.461 SDM Kesehatan di Kabupaten barito Utara berdasarkan data di SDMK Kementerian Kesehatan RI.

Dengan jumlah sasaran tersebut vaksin yang diperlukan yakni sebanyak 2.922 vial vaksin untuk dua dosis pemberian bagi tiap sasaran.(Red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait