PT. EBA Pastikan Lakukan Reklamasi Bekas Galian Tambang

Pengecekan KTT PT. EBA dan Tim Inspektur tambang belum lagi,  dipastikan reklamasi dilakukan dengan baik

MUARA TEWEH-Manager Operasional PT. Energitama Bumi Arum Fahyudi Musa memastikan bahwa pihaknya sudah melakukan reklamasi sebagaimana dengan ketentuan yang ada sehingga dipastikan ramah lingkungan. (Sesuai kaidah pertambangan yg berlaku)

Sistem penambangan PT. EBA adalah sistem inpit dump atau yg dikenal istilah back fell, artinya setiap bekas galian tambang akan ditutup kembali.

Sebagai bentuk keseriusan sistem ini belum lama tadi Managemen PT. EBA mendatangkan tim Inspektur tambang dari ESDM pusat untuk mengecek lokasi tambang apakah perusahaan ini sudah menjalankan reklamasi atau belum.

Dan ternyata temuan dilapangan semua aman karena memang sudah di reklamasi dan bahkan pihak Inspektur tambang sempat bertanya dimana lokasi galian karena memang sudah kita tutup.

Adapun yang masih ada lobang sekarang hal ini karena pihaknya masih bekerja di lokasi bagian Utara dan nanti galian nya akan segera menutupi lobang tersebut.

Sesuai dengan instruksi pimpinan pusat memang setiap galian tambang harus sesegera di tutup kembali dan itu sudah kami kerjakan di lapangan tambah Musa, panggilan akrab pria ini.

PT. EBA sangat peduli lingkungan juga warga sekitar tambang hal ini kami buktikan dengan memberikan bantuan rutin kepada pemerintah Desa Hajak Kecamatan Teweh Baru yang merupakan lokasi kerja perusahaan ini berupa subsidi untuk penampungan air.

Kemudian juga selain pemeliharaan jalan desa arah Tringsing pihaknya juga memberikan bantuan baik keagamaan maupun bantuan sosial lainnya.

Hal lainnya yang lebih krusial dilakukan PT. EBA adalah dalam perekrutan karyawan lebih mengutamakan karyawan lokal juga memberikan peluang besar kepada masyarakat setempat untuk ikut andil dalam hal transportasi mobil pengangkut hasil tambang.

“Ya, kita memang memberikan peluang besar bagi warga sekitar tambang yang punya mobil angkutan berupa truk untuk ambil bagian dalam operasional PT. EBA, ” kata Fahyudi Musa, Minggu (24/10).

Kita ingin selain menjadi karyawan di perusahaan ini juga warga mempunyai kesempatan lebih luas dalam perusahaan , dengan demikian maka diharapkan bisa memacu percepatan pembangunan ekonomi di Barito Utara pada umumnya dan warga sekitar tambang pada khususnya, pungkasnya.(Red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait