Danramil 1013-03 Teweh Tengah Hadiri Rapat Pembentukan KKM Kecamatan Teweh Baru

IMG-20210524-WA0078

MUARA TEWEH – danramil 1013-03 Teweh Tengah menghadiri rapat pembentukan Kelompok Kerja Masyarakat (KKM) dalam kegiatan Intervensi Kesehatan Lingkungan pada daerah sulit melalui peningkatan kualitas lingkungan Ta 2021, di kantor kelurahan Jingah Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara, Senin 24 Mei 2021.

Danramil 1013-03/Teweh Tengah Lettu Inf M.Guntur menjelaskan, intervensi kesehatan lingkungan melalui peningkatan kualitas sanitasi lingkungan, atau disebut dengan program PKTD (Padat Karya Tunai Desa) STBM Plus.

“Program ini menyasar keluarga dengan beberapa kriteria, diantaranya adalah keluarga dengan stunting, atau keluarga dengan penderita TBC,” jelasnya.

Bentuk Intervensi yang dilakukan, kata dia, adalah dengan penyediaan sarana jamban, sara pencucian alat/bahan makanan yang terhubung dengan SPAL dan sarana tempat sampah terpilah yang memenuhi syarat kesehatan serta peningkatan pemenuhan kebutuhan pencahayaan dan atau sirkulasi udara yang sesuai dengan kriteria rumah sehat.

Menurut Danramil,program ini adalah upaya pencegahan dan pengurangan faktor resiko kejadian TB dengan membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat. “Serta perbaikan kualitas perumahan dan lingkungan sesuai dengan standar rumah sehat dengan menerapkan pendekatan STBM 5 Pilar,” tambahnya.

Lebih lanjut Danramil menuturkan, dengan adanya program ini diharapkan dapat berkontribusi dalam menyelesaikan masalah kesehatan khususnya Stunting dan TB.

Hadir dalam rapat tersebut, Lurah Jingah Ilyas R.SH, Danramil 1013-03/Teweh Tengah Lettu Inf M.Guntur, Dinas Kesehatan Kabupaten Barut James Sengke, Serma Maryono Bati Ter, Pustu Jingah Yenie F,A.md.kep, Kasibang Kesos Kelurahan Jingah Erwan Rinaldi, Staf Kelurahan dan Ketua Rt Kelurahan Jingah.(Red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait