Sukseskan Pemilu Peran Media Massa Punya Pengaruh Penting

By kabarbor - January 5, 2024 |
Post View : 367
Views
IMG-20240321-WA0011

Puruk Cahu – Ketua DPRD Murung Raya (Mura), Dr. Doni, SP, M.Si memandang penting kesuksesan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) itu tak lepas dari peran dan fungsi pengawasan media massa mengingat pers merupakan pilar keempat demokrasi.

Politikus PDIP tersebut menyebut bahwa Implementasi demokrasi di Indonesia sejauh ini ditandai dengan pemilu yang dilakukan secara demokratis, yaitu rakyat berhak memilih pemimpinnya dengan baik dan sesuai hati nuraninya.

“Peran besar media massa yang menjadi bagian dari elemen penting dalam menyukseskan pemilihan umum atau pemilu tersebut tentu sangatlah penting. Dalam ini peran media massa sangat krusial guna menangkal potensi konflik di media sosial (Medsos), yang menjadi ruang kebebasan digital yang rawan menimbulkan potensi konflik,” sebut Doni, Jumat (5/1/2024).

Apra jurnalis yang bekerja pada masing-masing media massa juga harus mengedukasi dan menggambarkan semua hal tentang pemilu dengan menyajikan informasi yang berimbang dan netral.

Hal tersebut menurut Ketua DPRD Mura tersebut bertujuan agar masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan berimbang pula, sehingga dapat memperkuat dan meyakinkan masyarakat untuk menjadi bagian dalam pesta demokrasi.

“Perlu dilakukan peran pengawasan yang ketat dan penuh perhatian agar ruang-ruang kebebasan digital, seperti media sosial, tidak menimbulkan potensi konflik yang merugikan masyarakat,” tandasnya.(red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait