Pj Bupati Barito Utara Terima Penghargaan dari Mendikbudristek

By kabarbor - May 2, 2024 |
Post View : 400
Views
IMG-20240503-WA0002

Jakarta – Tepat pada tanggal 2 Mei 2024, Hari Pendidikan Naional (Hardiknas), Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis menerima piagam penghargaan dari Menteri Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A, di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis 2 Mei 2024.

Piagam penghargaan yang diserahkan tersebut atas keberhasilan dalam merevitalisasi Bahasa Daerah yang mengantarkan Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) menerima piagam tersebut.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan pada acara pembukaan Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional dan Rapat Koordinasi Penguatan RBD antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis merupakan satu-satunya Kepala Daerah di wilayah Kalimantan Tengah yang menerima penghargaan tersebut.

Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara Syahmiludin, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Olahraga Hj Annisa Cahyawati, , dan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Barito Utara M Ikhsan menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi terhadap Dinas Pendidikan dan instansi terkait lainnya atas diraihnya penghargaan ini.

“Penghargaan ini memiliki makna bahwa kerja keras teman-teman kami dari Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan dan instansi lainnya serta masyarakat Kabupaten Barito Utara diapresiasi oleh Pemerintah Pusat yang juga sangat memperhatikan kondisi masing-masing daerah” kata Pj Bupati Muhlis usai menerima penghargaan tersebut.

Pj bupati Muhlis juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Barito Utara sebelumnya, H Nadalsyah, atas support dan kebijakan yang telah beliau berikan terhadap berlangsungnya program tersebut dari tahun 2022 hingga 2023 selama beliau menjabat.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara, Syahmiludin A Surapati mengatakan Pemkab Barito Utara akan menerima piagam penghargaan dari Kemendikbudristek RI. Piagarm tersebut akan diserahkan langsung Kemendikbudristek kepada 20 kepala daerah terpilih se Indonesia dan salah satunya dari kabupaten Barito Utara.

“Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Allah SWT, berkat dukungan dan perhatian yang sangat besar dari pimpinan baik saat kepemimpinan Bupati H Nadalsyah (periode 2013-2023) yang dilanjutkan dengan Pj Bupati Muhlis terhadap kesungguhan Pemkab Barito Utara melakukan upaya untuk melestarikan dan revitalisasi Bahasa Daerah (Bahasa Dayak Bakumpai, Dayak Maayan, Dayak Tewoyan dan Dayak Dusun Malang) yang di perjuangkan menjadi muatan lokal yang akan diajarkan disekolah-sekolah di Kabupaten Barito Utara,” kata Kepala Dinas Pendidikan Syahmiludin A Surapati, Kamis (25/4/2024) di Muara Teweh.

Sebelumnya, Mendikbudristek RI, Nadiem Anwar Makarim menyampaikan penyerahan penghargaan ini didapatkan berdasarkan dukungan, kerjasama dan kontribusi yang telah diberikan oleh masing-masing pemerintah daerah terhadap program Merdeka Belajar Episode ke 17: Revitalisasi Bahasa Daerah.

Dirinya berharap pemerintah daerah dapat terus meningkatkan program ini karena bahasa daerah merupakan warisan tak benda yang sangat berharga.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait