Legislator Apresiasi Yayasan Handep Gelar Lomba Mengayam Kerajinan Rotan

By kabarbor - November 9, 2022 |
Post View : 11
Views
2C49BBF8-9E33-4DF7-AB00-302F39AE63EB

Muara Teweh- Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Henny Rosgiaty Rusli sangat mengapresiasi Pemerintah Desa Muara Mea Kecamatan Gunung Purei Kabupaten Barito Utara melalui Yayasan Handep yang menggelar Lomba Mengayam Kerajinan Rotan dalam rangka meningkatkan kemampuan para pengerajin di wilayah tersebut.

“Kita sangat mengapresiasi lomba menganyam yang di Gelar Yayasan Handep di ikuti dari Desa Muara Mea, Desa Payang dan Desa Baok.
Di mana kegiatan kerajinan tangan ini sebagai salah satu upaya penguatan ekonomi masyarakat di desa dengan melombakan berupa tas, lanjung, rambat, bakul dan lainnya,” jelasnya.

Menurut dia, pemerintah desa bisa saja menggunakan dana yang bersumber dari dana desa (DD) untuk ketahanan pangan yang di gunakan untuk pembelian alat/teknologi pembelah atau peraut rotan untuk mendukung para pengerajin di wilayah tersebut

“kita juga berharap kepada pemerintah daerah agar para pengerajin di wilayah kita bisa di bina dan diberikan kaji tiru serta pelatihan lewat Dinas Nakertranskop UKM Kabupaten Barito Utara, sehingga olahan hasilnya layak untuk di jual belikan dengan memperkaya motif olahan, dan nantinya diharapkan juga bisa mengolah kerajinan yang serba berbahan rotan,” tandasnya.

Lebih lanjut, kata dia, dengan penguatan sumber daya manusia (SDM) dan pemamfaatan sumber daya alam yang melimpah harus bisa diolah sedemikian rupa sehingga menjadi salah satu mata pencaharian keluarga khususnya di Kecamatan gunung Purei.

“Harapan kita Lomba Mengayam Kerajinan Rotan ini bukan hanya di tingkat desa, namun nantinya lomba menganyam berbahan rotan ini akan di lombakan kembali di tingkat kecamatan bahkan di tingkat Kabupaten Barito Utara,” tutupnya.(Ard)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait