Anggota DPRD Barito Utara Beri Masukan Kepada anggota Komisi II DPRD Hulu Sungai Tengah

MUARA TEWEH – DPRD Kabupaten Barito Utara mendapat kunjungan kerja dari komisi II DPRD Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Senin 8 Maret 2021.

Dimana dalam kunjungan tersebut untuk belajar mengenai pengawasan terhadap program yang dijalankan SKPD.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua I DPRD Barito Utara, Permana Setiawan mengungkapkan bahwa dalam pengawasan terhadap program kerja dari SKPD perlu adanya sinkronisasi dan fakta dilapangan.

Karena, kata dia dengan begitu program pembangunan di daerah dapat dijalankan sesuai dengan tufoksi masing-masing, serta akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Saat ini, kata dia, Dewan juga harus memaklumi bahwa anggaran pemerintah untuk pembangunan sangat terbatas, karena refocusing anggaran tertumpu pada penanganan Covid-19, sehingga banyak proram pembangunan tidak dapat terealisasi.

Untuk itu, salah satu cara yakni dengan mengadakan pertemuan dengan masyarakat dengan instansi atau SKPD serta pihak perusahaan yang beroperas diwilayah tersebut guna membahas pembantuan terhadap pembangunan.

“karena kalu tidak, maka hamper tidak mungkin pembangunan dapat dilaksanakan untuk waktu yang dekat,” jelasnya.

Sementara itu, anggota DPRD Barito Utara, Hj Nety mengungkapkan bahwa untuk pengawasan diharapkan adanya sinkronisasi dan koordinasi yang baik dengan instansi terkait mengenai laporan masyarakat guna memajukan pembangunan didaerah.

Karena, kata dia, apabila tidak ada sinergitas antara DPRD sebagai pengawasn dengan SKPD selaku mitra kerja, maka didaerah tersebut tidak akan terhjadi pembaharuan. “Kalau memang diharuskan, kita dapat menegur langsung kinerja SKPD yang dirasa kurang,” jelasnya.

Anggota DPRD lainnya, Henny Rosgiaty Rusli juga menambahkan bahwa apabila tidak ada sinkronisasi antara SKPD dan DPRD, maka Dewan dapat memberdayakan mitra kerjanya yakni media guna menyampaikan keresahan masyarakat akan pembangunan di wilayah tersebut.

“Kami disini juga selalu bermitra dan berhubungan baik dengan seluruh rekan media, guna membantu pengawasan dalam pembangunan di daerah, sehingga program-program yang dilaksanakan pemerintah dapat sesuai harapan dan dirasakan oleh masyarakat,” jelasnya.(Red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait