Dua Macan Tutul Terekam Kamera di Sisi Timur Gunung Semeru

macan-tutul-di-gunung-semeru_11

Lumajang – Dua ekor macan tutul terekam kamera trap milik Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Macan tutul itu terekam ada di sisi timur Gunung Semeru.

Jaraknya sekitar tiga kilometer dari arah luncuran awan panas Gunung Semeru, saat erupsi beberapa waktu lalu. Rekaman kamera trap itu ditunjukkan oleh pengelola TNBTS wilayah empat di Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Namun wartawan tidak diperkenankan merekam secara utuh video macan tutul tersebut. Karena dikhawatirkan keberadaan hewan yang dilindungi tersebut diketahui orang tak bertanggung jawab. Sehingga rawan menjadi tujuan perburuan liar.

Menurut seorang petugas, dua macan tutul yang terekam merupakan jenis panthera pardus melas. Satu ekor berjenis kelamin jantan. Sedangkan satu ekor lainnya masih belum diketahui jenis kelaminnya.

“Dua ekor macan tutul terekam kamera trap TNBTS,” ujar Kepala Seksi Wilayah IV TNBTS, Wisnu kepada detikcom, Jumat (22/1/2021).

Petugas memasang 14 kamera pada saat Gunung Semeru belum erupsi. Setelah terjadi erupsi, kamera tersebut diambil dan merekam keberadaan macan tutul tersebut.

Dari 14 kamera yang terpasang, 12 kamera merekam keberadaan macan tutul tersebut. Selanjutnya, petugas TNBTS akan melakukan pemantauan secara berkala di lokasi-lokasi yang ditemukan rekaman macan tutul tersebut.

“Kita akan melakukan pemantauan di lokasi yang sempat terekam macan tutul tersebut,” tutur Wisnu.

Selain merekam keberadaan macan tutul, kamera trap tersebut juga merekam keberadaan hewan-hewan lain. Seperti kijang, musang, tupai dan sejumlah burung langka. Di antaranya elang jawa.

 

Sumber : https://www.detik.com/

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait