Presiden Argentina Disuntik Vaksin Corona Buatan Rusia

virus-outbreak-russia-vaccine-1_169

Buenos Aires – Presiden Argentina, Alberto Fernandez, telah menerima suntikan vaksin virus Corona (COVID-19) buatan Rusia, Sputnik V. Vaksinasi terhadap Presiden Fernandez dilakukan sehari setelah regulator kesehatan Argentina menyetujui penggunaan vaksin Sputnik V untuk warga berusia 60 tahun ke atas.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (22/1/2021), Fernandez yang berusia 61 tahun ini menyampaikan terima kasih kepada pusat penelitian Moskow, Institut Gamaleya, yang mengembangkan vaksin Sputnik V. Dia divaksinasi Corona pada Kamis (21/1) waktu setempat.

“Saya berterima kasih kepada Institut Gamaleya untuk karya ilmiahnya, mereka yang bekerja untuk memberikan tenaga mereka kepada kita dan seluruh tenaga kesehatan di negara kita atas komitmen mereka yang luar biasa,” ucap Fernandez dalam pernyataan via Twitter.

“Mendapatkan vaksinasi membantu mengimunisasi kita dalam melawan virus Corona. Mari kita lakukan!” imbuhnya.

Persetujuan vaksin Sputnik V oleh Badan Nasional untuk Obat-obatan, Makanan dan Teknologi Medis Argentina (ANMAT) dan kesediaan Fernandez untuk disuntik vaksin buatan Rusia itu memberikan dorongan besar untuk Moskow yang berupaya meraup posisi signifikan dalam pasar vaksin Corona luar negeri.

Argentina sejauh ini mencatat lebih dari 1,8 juta kasus Corona di wilayahnya, dengan lebih dari 45 ribu kematian.

Sejauh ini, 600 ribu dosis vaksin Sputnik V telah diterima Argentina, yang terdiri atas batch pertama yang diterima sebelum Natal dan batch kedua pekan lalu. Lebih banyak dosis lainnya akan tiba di Argentina pada akhir bulan ini dan pada Februari mendatang.

Selain vaksin Sputnik V, Argentina juga telah menyetujui penggunaan vaksin Corona buatan AstraZeneca-Oxford untuk penggunaan darurat. Argentina telah sepakat membeli 22,4 juta dosis vaksin Corona buatan AstraZeneca-Oxford, yang akan tiba beberapa bulan ke depan.

 

Sumber : https://www.detik.com/

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait