Wakil Ketua DPRD Kotim Optimis, Daerah Mampu Suplai Beras Keluar

By kabarbor - July 21, 2022 |
Post View : 335
Views
F43DD15F-3935-4E03-A1C5-4FC630221A53

SAMPIT – Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaringin Timur (Kotim) H.Rudianur mengaku sangat optimistis, dengan sistem pertahanan pertanian di daerah ini. Menurutnya selama ini jika pertanian di wilayah setempat benar-benar dikerjakan secara maksimal maka dari hasilnya mampu di suplai me hingga ke luar daerah.

“Kalau sektor pertanian kita ini dijadikan hal yang utama untuk digarap secara maksimal, maka daerah ini akan kaya raya, kenapa demikian, kita punya lahan yang memadai, budaya daerah ini juga menganut budaya leluhur yang sudah ratusan tahun hidup dengan cara itu, hanya tinggal kita kembangkan secara moderen teknik dan teknis dilapangan,” ungkapnya Kamis (21/07/2022).

Dia juga menekankan , potensi produksi beras sebagai contoh di Kotim dinilai sudah sangat besar apabila memang dijadikan fokus utama. Karena beras merupakan bahan makanan utama di tanah air ini. Belum lagi pertanian yang lain yang diperkirakan dapat meningkatkan secara maksimal PAD daerah ini dalam jangka panjang.

“Kalau kita bisa memaksimalkan pertanian kita ini sampai kapanpun kita masih kaya daerah ini, kita punya lahan banyak, masyarakat kita tumbuh dengan budaya tani yang sudah ditanamkan sejak turun temurun, jadi tidak sulit dan harus mengeluarkan banyak anggaran untuk itu, hanya saja memang perlu dirumuskan secara moderen agar yang bersifat manual dulunya harus dikembangkan mengikuti perkembangan zaman dan teknologi,” timpalnya.

Legislator Partai Golkar ini juga menilai selama beberapa putaran ini, pemerintah daerah selalu memprogramkan infrastruktur yang targetnya kebanyakan mempercantik daerah, namun sektor yang potensial masih terkesan dikesampingkan.

“Targetnya menurut kami yang kurang maksimal, semisalnya, membangun jalan di desa-desa atau lahan aset daerah, namun semua itu dilakukan untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur saja, mentok disitu, padahal kalau digarap untuk digunakan menjadi wadah pertanian, semua akan menghasilkan dengan cepat, mau capaian PAD berapapun bisa tembus,” tutupnya.(ft)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait