Musrenbang Kecamatan Betul Diharapkan Memperhatikan Usulan Warga

By kabarbor - February 2, 2024 |
Post View : 362
Views
IMG-20240321-WA0075

Puruk Cahu – Wakil Ketua I DPRD Murung Raya, Likon, SH, M.M berharap fokus Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) setiap kecamatan betul-betul memerhatikan kebutuhan warga, terutama yang kurang mampu terkait hak-hak dasar masyarakat.

Ia meminta usulan prioritas dalam Musrenbang betul-betul tepat sasaran. Perangkat kewilayahan diyakini memahami betul kondisi kebutuhan berdasarkan prioritas.

“Forum Musrenbang ini mempunyai makna yang penting dan strategis dalam mengoptimalkan proses perencanaan pembangunan daerah dari tingkat bawah, dengan memprioritaskan penggalian dan penajaman substansi prioritas pembangunan berbasis perdesaan yang diselaraskan dengan tujuan pembangunan daerah pada perencanaan tahun 2025,” terangnya.

Disela-sela menghadiri Musrenbang Kecamatan Murung, Jumat (2/2/2024).
Musrenbang merupakan forum publik yang diselenggarakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa atau kelurahan, kecamatan, pemerintahan kota ataupun kabupaten bekerjasama dengan warga dan para pemangku kepentingan.

“Masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan, pemerintah lebih berperan sebagai fasillitator dan katalistator dari dinamika pembangunan,” imbuhnya.
Sehingga, dari mulai perencanaan hingga pelaksanaan, masyarakat mempunyai hak untuk terikat dan memberikan masukan serta pengambil keputusan dalam rangka memenuhi hak-hak dasarnya, salah satunya melalui proses Musrenbang.(red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait