Perlunya Peran Orang Tua Cegah Perilaku Negatif Remaja

By kabarbor - March 11, 2024 |
Post View : 360
Views
IMG-20240321-WA0014

Puruk Cahu – Anggota Komisi I DPRD Murung Raya (Mura), Imanudin mengatakan bahwa peran orang tua merupakan garda terdepan dalam mencegah perilaku negatif pada remaja. Menurutnya, memantau interaksi anak saat bergaul, termasuk siapa yang mereka ajak bicara, menjadi sangat krusial.

Dirinya mengajak setiap orang tua harus memastikan anak-anak mereka terlibat dalam kegiatan positif, seperti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

“Dengan mengisi waktu luang dengan aktivitas positif, anak-anak akan lebih terhindar dari risiko perilaku negatif,” katanya, (4/3/2024).

Imanudin menambahkan sikap proaktif dari para orang tua perlu diadopsi sebagai fokus utama dalam upaya pencegahan perilaku negatif pada remaja saat ini. Sehingga, sangat penting mengingat pergaulan di era informasi dewasa ini sangat bebas dan terbuka.

Dirinya juga berharap bahwa dengan adanya kontrol dan dukungan yang tepat dari orang tua, akan membantu menciptakan lingkungan yang lebih positif bagi pertumbuhan remaja di masyarakat.

“Melihat kecenderungan para remaja belakangan ini, disadari bahwa rasa keingintahuan mereka cukup besar untuk mencoba hal-hal baru. Maka dari itu, anak-anak perlu diawasi dan dididik dengan baik oleh orang tua agar mereka tidak mencoba hal-hal negatif yang dapat merusak masa depan mereka,” pungkasnya.(red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait