Air Bersih Kunci Utama Kesehatan

By kabarbor - January 20, 2024 |
Post View : 349
Views
IMG-20240321-WA0007

Puruk Cahu – Wakil Ketua Komisi I DPRD Murung Raya (Mura), Rahmat Hidayat menilai air bersih merupakan kunci utama adanya kesehatan. Namun kekurangan air bersih sering terjadi di masyarakat sehingga perlu menjadi perhatian serius dari pemerintah setempat.

Legislator berlatar belakang Sarjana kesehatan Masyarakat (SKM) ini menjelaskan bahwa air bersih juga menjadi salah satu upaya dalam menurunkan angka stunting. Oleh karena itu, diharapkan pengadaan sumur bor atau pengadaan jalur air bersih lebih diperhatikan lagi dan juga perlu peningkatan program program pencegahan stunting.

“Sehingga kita harapkan komitmen dari pemerintah untuk mengatasi persoalan ini lebih serius lagi, terutama memperhatikan hal-hal apa saja yang menjadi faktor penyebab terjadinya stunting khususnya di wilayah pedesaan,” tegasnya, Sabtu (20/1/2024).

Rahmat juga menyampaikan bahwa banyak dari desa yang ada di Kabupaten Murung Raya belum memiliki akses sanitasi yang layak yaitu air bersih sangat perlu diperhatikan pada masyarakat di Kabupaten Murung Raya.
“Karena banyaknya penyakit yang kerap kali muncul di wilayah ini penyebabnya adalah kekurangan air bersih atau kesulitan mencari air bersih. Kalaupun ada air bersih, mereka harus menempuh jaraknya cukup jauh dari desa sehingga memakan waktu dan juga banyak tenaga, terlebih di Desa yang ada di bantaran sungai barito,” pungkasnya.(red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait