Posyandu Hendaknya menjadi ujung Tombak Perbaikan Kesehatan

By kabarbor - August 24, 2023 |
Post View : 339
Views
IMG-20230824-WA0014

Muara Teweh – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Barito Utara (Ketua TP PKK Barut) Hj Sri Hidayati mengharapkan Posyandu yang ada di Kabupaten Barito Utara hendaknya menjadi ujung tombak perbaikan kesehatan masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Ketua TP PKK Barito Utara Hj Sri Hidayati dalam kegiatan pertemuan koordinasi Pokjanal Posyandu tingkat Kabupaten Barito Utara tahun 2023, di aula Dinas Kesehatan setempat, Kamis (24/8/2023).

“Diharapkan Posyandu di daerah ini hendaknya menjadi ujung tombak dalam rangka perbaikan kesehatan masyarakat dengan empat fokus yaitu edukasi penduduk dengan penguatan kader, pencegahan primer dengan memperkuat perlindungan anak terhadap penyakit dengan imunisasi,” kata Hj Sri Hidayati.

Kemudian kata dia, pencegahan sekunder melalui skrining stunting dan peningkatan skrining kehamilan serta meningkatkan kapasitas pelayanan primer dengan revitaslisasi posyandu.

Dikatakan Sri Hidayati, Pokjanan Posyandu adalah kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan dan pengelolaan Posyandu yang berkedudukan di pusat, provinsi, kabupaten dan kota serta desa dan kelurahan.

“Posyandu merupakan wahana pelayanan dari berbagai program, maka penyelenggaraan Posyandu perlu menyertakan aspek pemberdayaan masyarakat secara konsisten dengan tujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan dasar, pendidikan dan ekonomi yang mandiri,” kata dia.

Lebih lanjut Ketua TP PKK mengatakan, untuk meningkatkan fungsi kinerja Posyandu maka diperlukan komitmen, kesamaan pahaman dan kerjasama sehingga akan terjadi sinkronisasi dan kerjasama lintas sektor di Kabupaten, Kecamatan hingga ke kelurahan dan desa meliputi koordinasi, pembinaan, fasilitasi, advokasi dan dukungan dalam keberhasilannya.

Untuk itu kata Hj Sri Hidayati dengan adanya kegiatan rapat rutin tim Pokjanal Posyandu lintas sektor ini dengan harapan kinerjanya kedepan semakin berhasil dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Semoga pengelolaan dan pembinaan terhadap Posyandu ini dapat berlangsung optimal, sehingga upaya peningkatan kesehatan ibu, bayi, balita dapat diwujudkan bersama dan derajat kesehatan serta kesejahteraan masyarakat di daerah ini meningkat dan angka stunting menurun serta kedepannya akan dapat dicegah,” pungkasnya.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait