Tim Malamang Murung Raya Raih Juara 1

By kabarbor - May 25, 2023 |
Post View : 341
Views
IMG-20230526-WA0017

Puruk Cahu – Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2023 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk memperingati Hari Jadi ke-66 Kalteng berlangsung meriah.

Rangkaian kegiatan lomba khas daerah salah satunya adalah lomba Malamang, yang dilaksanakan di GOR Serbaguna Jl. Tjilik Riwut Palangka Raya.

Lomba malamang diikuti oleh 10 Kabupaten/Kota se-Kalteng diantaranya, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Murung Raya (Mura), Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Lamandau dan Kota Palangka Raya.

Diketahui hasil lomba tersebut, Kontingen Kabupaten Murung Raya meraih Juara Pertama pada Lomba Malamang dimenangkan oleh Kabupaten Murung Raya, Juara Kedua diraih Kabupaten Barito Selatan dan pemenang ketiga dari Kabupaten Lamandau.

“Terima kasih atas dukunganya bapak Bupati Murung Raya, kerja keras tim malamang Murung Raya dan semua pihak sehingga Kabupaten Murung Raya meraih juara I lomba Malamang FBIM 2023,” tutur koordinator lomba Malamang Roy Chahyadi yang juga selaku Camat Seribu Riam, Kamis (25/5/2023).

Sementara, itu Lilia Chahyadi selaku pembuat desain konsep mengatakan, konsep yang ditampilkan ini adalah “Memasak Lamang saat berladang di tepi air terjun Kahatoi Seribu Riam”.

“Jadi pada saat lomba tadi, kemampuan tim untuk memasak lamang yang paling ditonjolkan dan pada saat penyajian Lamang di atas meja, kita menggunakan bahan-bahan pelengkap dari buah-buahan hutan dan sayur-sayuran khas dayak, menggunakan miniatur air terjun Kahatoi yang kita desain sendiri, yang dipadukan dengan konsep penyajian makanan ala restoran,” jelas Lilia Chahyadi.

Ia juga mengatakan, konsep Malamang dengan memadukan metode memasak dengan cara tradisional dan penyajian secara modern untuk memberikan wajah baru dalam konsep malamang yang bisa disajikan secara kekinian mengikuti perkembangan zaman dimasa sekarang tanpa menghilangkan nilai-nilai kearifan lokal.

“Pada saat lomba juga kita selangi dengan suguhan hompong, karungut, atraksi kongkurung dan manasai bersama, menunjukkan sukacita warga pada saat manugal hingga panen di ladangnya,” kata Lilia Chahyadi.

Tampak hadir di tempat acara lomba, Ketua DPRD Mura Doni, Asisten III Setda Mura Batara, Perangkat Daerah pendamping Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dan jajaran terkait lainnya. (mur)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait