Dinas Pendidikan Barito Utara Gelar FLS2N Tingkat Kabupaten

By kabarbor - May 4, 2024 |
Post View : 388
Views
IMG-20240505-WA0002

Muara Teweh – Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara (Disdik Barut) menggelar kegiatan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kabupaten Barito Utara di aula Dinas Pendidikan setempat, Sabtu (4/5/2024).

Kegiatan FLS2N tingkat Kabupaten tahun 2024 diikuti peserta dari Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri sekaligus membukan kegiatan FLS2N Sekretaris Dinas Pendidikan Hj Sunarti dan diadir Kepala Bidang Pendidikan beserta Staf, para guru pendamping siswa didik peserta FLS2N.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara, Syahmiludin A. Surapati dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Sekdis Pendidikan, Hj Sunarti mengatakan dengan adanya kegiatan kesenian dalam pendidikan siswa siswi akan mampu mengasah kepekaan hati dan nuraninya yang kelak pada akhirnya dapat memperhalus budi pekerti tingkah lakunya.

“Melalui area berkesenian ini, diharapkan dapat membangkitkan potensi dan talenta didik sebagai warga masyarakat yang mempertunjukan prestasi karya, sekaligus kebanggaan bagi dunia pendidikan di Kabupaten Barito Utara,” kata Sekdis Pendidikan.

Dikatakannya, tujuan diadakan kegiatan FLS2N ini adalah untuk menumbuhkembangkan pendidikan karakter. Beragam lomba dan festival mengekpresikan nilai-nilai karakter. Guru, pelatih dan berbagai pemangku kepentingan di dunia pendidikan turut andil dalam upaya pembentukan karakter itu.

“Saya yakin dan percaya bahwa dalam penyelenggaraan festival dan lomba seni siswa nasional jenjang SD dan SMP ini, Kabupaten Barito Utara akan melahirkan bibit yang berbobot dan akan menjadi duta Barito Utara diajang yang lebih tinggi yaitu tingkat Provinsi Kalteng, bahkan harapan kita sampai ke tingkat nasional,” kata Hj Sunarti.

Sekdis Pendidikan juga mengatakan kegiatan ini juga merupakan salah satu wahana yang efektif untuk mengekpresikan kompetensi estetika, sekaligus menumbuhkan nilai-nilai budai pekerti dan nilai kasih sayang dalam melestarikan budaya bangsa di bidang seni dan seni merupakan salah satu unsur kebudayaan dalam mendorong pertumbuhan dan pengembangan berbagai bidang kehidupan.

Ketua Panitia FLS2N tingkat Kabupaten Barito Utara, H Iksanul Agus Wahyudi mengatakan bahwa kegiatan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SD, MI, SMP dan MTsN tingkat Kabupaten Barito Utara tahun 2024 dilaksanakan setiap satu tahun sekali.

“Kegiatan FLS2N tingkat SD, MI, SMP dan MTs tahun 2024 bertujuan menjaring peserta untuk mewakili Kabupaten Barito Utara dalam kegiatan FLS2N tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya,” kata Iksanul.

Dijelaskannya, waktu pelaksanaan kegiatan FLS2N di mulai dari tanggal 4-5 Mei 2024, dengan lokasi kegiatan di beberapa tempat sesuai jenis dan cabang lomba, yaitu di aula Dinas Pendidikan, aula SKB Muara Teweh dan aula Dinas Budparpora Barito Utara.

“Cabang lomba yang di perlombakan pada jenjang SD, yaitu menyanyi solo, gambar bercerita, kriya, pantomim dan seni tari. Untuk SMP, menyanyi solo, pantomim, ansambel campuran, ilustrasi, kreativitas tradisional dan tari kreasi,” kata dia.

Peserta yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 231 peserta, terdiri dari 131 siswa SD, MI, 100 siswa SMP dan MTs. “Bagi peserta lomba yang berhasil mencapai prestasi terbaik pada tingkat Kabupaten, dengan ketentuan sebagai berikut, juara I, II, dan III mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan serta Harapan I dan II mendapatkan piagam dan uang pembinaan.

“Perlu kami sampaikan bahwa dua peserta terbaik (juara I dan II) pada masing-masing cabang lomba tingkat kabupaten akan mewakili Barito Utara ke tingkat Propinsi Kalimantan Tengah secara daring mulai dari tanggal 3 – 6 Juni 2024,” imbuhnya.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait