Rumah Sakit Swasta di Kotim Jadi Harapan Legislator untuk Perbaikan Layanan Kesehatan

By kabarbor - March 7, 2023 |
Post View : 358
Views
IMG-20230308-WA0011

Sampit,- Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Riskon Fabiansyah, mendorong adanya investor yang tertarik membangun rumah sakit di daerah setempat. Hal itu bertujuan untuk mengatasi pelayanan kesehatan yang masih minim saat ini di daerah.

“Selain sebagai pembanding pelayanan fasilitas kesehatan, berdirinya rumah sakit swasta juga akan menjadi daya tarik para dokter spesialis agar mau bertugas di daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, sehingga pilihan pelayanan terhadap masyarakat juga menjadi bervariasi dan juga baik,” ujar Riskon, Selasa 7 Maret 2023.

Menurut Riskon, sampai saat ini RSUD Dr. Murjani Sampit menjadi rumah sakit terbesar di daerah tersebut dan menjadi andalan masyarakat untuk berobat, bahkan menjadi rujukan bagi pasien dari kabupaten tetangga.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur juga memiliki rumah sakit pratama di beberapa kecamatan, dan rencananya akan dibangun rumah sakit pratama di kecamatan lainnya, Tapi dengan tingginya permintaan pelayanan kesehatan dan besarnya jumlah penduduk membuat fasilitas kesehatan yang lengkap masih sangat dibutuhkan di Kotim.

Riskon menyatakan bahwa kondisi ini juga menjadi peluang bagi masuknya investasi di bidang kesehatan. Ia berharap ada investor yang tertarik membangun rumah sakit dengan layanan yang lengkap sehingga dapat menjadi pilihan bagi masyarakat dan pasien tidak perlu lagi dirujuk ke luar daerah.

Dengan kehadiran rumah sakit swasta, manfaat yang didapatkan akan sangat banyak, seperti menambah fasilitas kesehatan yang siap melayani masyarakat, terjadi kompetisi sehat dalam peningkatan pelayanan, serta turut berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah, serta terbukanya lapangan kerja dan dampak positif lainnya.

Riskon Menambahkan, jika Kotawaringin Timur menjadi rujukan dalam pelayanan kesehatan, maka akan membawa dampak luas dalam menggerakkan roda perekonomian, sementara warga di daerah tersebut juga akan menerima manfaat ekonominya dan diharapkan dapat membawa banyak manfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah tersebut.(rrl).

 

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait