Pentingnya Pendidikan Karakter dan Spiritual

By kabarbor - November 17, 2023 |
Post View : 310
Views
IMG-20231124-WA0028

Puruk Cahu – Ketua DPRD Murung Raya (Mura) mendorong agar Pemerintah dan masyarakat untuk memperhatikan pentingnya pendidikan karakter dan nilai-nilai spiritual bagi generasi muda.
Dirinya menilai, pendidikan karakter memiliki peran kunci dalam membentuk generasi muda yang mampu memimpin dengan bijak dan bertanggung jawab.
“Generasi muda yang berkarakter adalah salah satu kunci untuk membawa perubahan positif bagi masyarakat. Oleh karena itu, pendidikan karakter dan nilai-nilai spiritual harus menjadi fokus utama dalam kurikulum pendidikan di Indonesia,” ujarnya, Jumat (17/11/2023).
Dia menambahkan, selain materi pelajaran akademik yang diberikan di sekolah, penanaman nilai-nilai karakter juga harus dilakukan di rumah dan masyarakat secara luas. Menurut Doni, karakter yang kuat, etika, serta pemahaman akan nilai-nilai spiritual yang tinggi dari murid sekolah adalah beberapa faktor elemen-elemen penting dalam menumbuhkan jiwa kepemimpinan.
“Seorang pemimpin yang baik bukan hanya memiliki kecerdasan intelektual, tetapi juga memiliki kecerdasan emosional dan spiritual yang kuat. Hal ini sangat penting dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan, terutama dalam lingkup pelayanan masyarakat,” imbuhnya.
Lebih lanjut, Politisi PDIP tersebut menjelaskan pendidikan karakter tidak hanya menjadi tugas sekolah, tetapi juga tanggung jawab bersama masyarakat dan keluarga.
“Kita sebagai masyarakat dan keluarga harus secara aktif terlibat dalam proses pembentukan karakter anak-anak dan generasi muda. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan teladan dan sorotan yang positif terhadap sikap dan perilaku anak-anak,” jelasnya.
Melalui pendidikan karakter yang kuat, generasi muda dapat menjadi pemimpin masa depan yang membawa perubahan positif bagi Kabupaten Murung Raya dan masyarakat.
Oleh karena itu, ia berharap pemerintah dan masyarakat terus memperhatikan pentingnya pendidikan karakter dan nilai-nilai spiritual, dan menjadikannya sebagai fokus utama untuk menumbuhkan generasi muda yang berkarakter dan berakhlak.(red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait