Penggunaan Dana Desa Kedepankan Transparansi Terhadap Masyarakat

By kabarbor - February 12, 2023 |
Post View : 337
Views
IMG-20230306-WA0013

Kuala Pembuang – Dalam penggunaan dan pengelolaan Dana Desa (DD), Kepala Desa (Kades) yang ada di seluruh desa di Kabupaten Seruyan bisa mengedepankan transparansi dengan masyarakat desasnya.

Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Seruyan, H Bambang Yantoko. Dirinya mengingatkan agar seluruh pemerintah desa (Pemdes) yang ada di wilayah setempat dalam penggunaan Dana Desa (DD) bisa transparan.

“Untuk itu saya imbau agar seluruh Pemerintah Desa di wilayah Kabupaten Seruyan unyuk mengedepankan transparansi dengan masyarakat dalam mengelola atau menggunakan DD tersebut, karena warga masyarakat mempunyai hak untuk mengetahui dana desa tersebut,” katanya, Minggu (12/2).

Dikatakan Waket I DPRD Seruyan, sikap transparansi dalam pengelolaan DD ini sangat perlu dikedepankan, dengan begitu warga desa bisa mengetahui secara jelas ke mana saja aliran dana desa yang dianggarkan setiap tahunnya oleh pemerintah.

“Masyarakat di masing-masing desa memiliki peran untuk menentukan arapah pembangunan dan mengontrol pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa,” kata dia.

Bambang menambahkan, dengan keterbukaan informasi dalam pengelolaan dana desa juga diharapkan dapat menghindarkan dari prasangka buruk dari masyarakat, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah desa pun tidak pudar.

“Karena tidak jarang terjadi konflik di lapangan antara pemerintah desa dan masyarakat yang dipicu oleh kepercayaan masyarakat yang sudah pudar terhadap Kepala Desa nya,” kata politikus Partai Golkar Seruyan ini.

Dan hal itu jelasnya kebanyakan disebabkan adanya pengelolaan anggaran oleh Pemdes yang tidak transparan terhadap masyarakat desa, oleh karena itu dirinya hal ini tidak terjadi lagi.(tim)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait