Pendataan Warga Secara Menyeluruh Penting Dilakukan Banyak Warga Pendatang Masih Belum Memiliki KTP Kotim

By kabarbor - June 20, 2023 |
Post View : 263
Views
IMG-20230617-WA0010

Sampit,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur mengharapkan agar pendataan warga bisa dilakukan secara menyeluruh oleh Pemerintah Daerah setempat. Pasalnya, masih banyak warga yang tinggal di Kotim namun belum memiliki identitas sebagai warga Kotim.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kotim, Rimbun ST, menurutnya pendataan penduduk ini menjadi sangat penting. Jangan sampai warga yang tinggal lama di Kotim tidak memiliki identitas sebagai warga Kotim.

“Maka, pendataan terhadap penduduk ini harus dilakukan. Supaya warga itu terdata dengan baik dan nantinya diakomodir dengan pembuatan identitas berupa KTP sebagai warga Kotim,” kata Rimbun, 21 Juni 2023.

Menurutnya, masih banyak para pendatang yang sudah lama tinggal di Kotim kemudian tidak memiliki KTP Kotim. Padahal banyak kemudahan jika tinggalnya di Kotim memiliki KTP Kotim.

“Salah satunya soal jaminan kesehatan dan lainya. Maka pendataan penduduk ini perlu dilakukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga harus bekerjasama dengan para Kades dan Lurah untuk melakukan pendataan terhadap warganya,” ujarnya.

Lanjutnya, politisi PDI-P ini, jika pendataan dilakukan menyeluruh maka ini juga berpengaruh pada keterwakilan rakyat di legislatif DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Artinya jika jumlahnya banyak maka jumlah anggota DPRD juga bisa bertambah, tentu hal ini harus disikapi dengan baik. Supaya nantinya keterwakilan warga lebih banyak di DPRD,” Demikian Rimbun.(rrl).

 

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait