Pencegahan Konflik Masyarakat Dengan PBS Harus Dilakukan

By kabarbor - September 19, 2022 |
Post View : 238
Views
C34102B9-7AE4-436B-A47E-C7B01B8107CE

Foto – Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Sutik.(Fit)

Sampit,- Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Sutik meminta agar pemerintah daerah melakukan langkah-langkah antisipasi dan pencegahan terhadap rentan terjadinya konflik antara masyarakat dengan pihak Perusahaan Besar Swasta (PBS) di daerah ini.

Menurutnya pencegahan dini perlu dilakukan mengingat selama ini persoalan yang sama terus muncul dan bahkan bertambah hampir tiap tahunnya. Disisi lain dia menegaskan pencegahan tanpa solusi juga menimbulkan dampak yang negatif sehingga minim adanya penyelesaian sengketa antara masyarakat dengan perusahaan.

“Langkah-langkah strategis harus dibarengi dengan solusi dan juga penyelesaian agar konflik semacam ini tidak terus bertambah dan meningkat menjadi hal yang rawan menimbulkan kerusuhan, kita ketahui sejak beberapa tahun terakhir ini aksi demo masyarakat menuntut haknya terus terjadi berulang-ulang, namun penyelesaian belum juga ada,” ungkapnya Senin (19/9/2022).

Disisi lain legislator Partai Gerindra ini juga menekankan, Gubernur Kalimantan Tengah H.Sugianto Sabran sudah menegaskan agar pemerintah daerah melakukan tindakan yang efektif apabila PBS enggan merealisasikan apa yang menjadi tuntutan masyarakat tersebut.

“Khususnya masalah plasma, pak Gubernur sudah tegas akan hal itu, untuk itu kami berharap pemerintah daerah juga melakukan hal yang sama, agar masyarakat kita tidak merasa berjalan sendiri dengan beragam cara dibalik perjuangannya,” tutupnya.(Fit)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait