Pemkab Seruyan Diminta Realisasikan Usulan Bibit Hewan Ternak Untuk Masyarakat

By kabarbor - February 22, 2023 |
Post View : 343
Views
IMG-20230306-WA0001

Kuala Pembuang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui dinas terkaitnya dimnta oleh anggota DPRD Seruyan untuk dapat merealisasikan usulan para petani, antaranya usulan bibit dan permintaan tenaga penyuluh peternakan untuk daerah setempat.

Anggota DPRD Kabupaten Seruyan Bejo Riyanto mengatakan pihaknya dari kalangan DPRD Seruyan mengharapkan Pemkab Seruyan melalui dinas instansi teknisnya bisa mengakomodir usulan para petani dan peternak baik itu permintaan bantuan bibit maupun ketersediaan tenaga penyuluh.

“Berdasarkan kunjungan reses pihaknya dibeberapa kecamatan dan desa yang ada di wilayah Seruyan, banyak dari petani yang mengusulkan terkait pengadaan bibit hewan ternak itu, seperti unggas, kambing, sapi dan hewan ternak lainnya,” kata Bejo.

Dikatakan Bejo Riyanto, permintaan bibit ternak ini merupakan usulan masyarakat terutama di daerah pemilihan I, namun untuk daerah lainnya juga banyak yang mengusulkan permintaan bibit ternak.

“Banyaknya permintaan masyarakat tersebut, kami selaku wakil rakyat yang duduk di DPRD Seruyan berharap pemerintah kabupaten dapat merealisasikannya dengan cara memprogramkan pengadaan bibit hewan ternak tersebut pada rencana kerja instansi teknis baik pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Perubahan (APBD-P) tahun 2023 ini maupun APBD 2024 mendatang,” kata dia lagi.

Dirinya juga berharap aspirasi dari para petani dan peternak tersebut bisa direalisasikan, mengingat para petani dan peternak saat ini sangat kesulitan mendapatkan bibit ternak, terlebih bibit unggul.

Lebih lanjut Bejo Riyanto mengatakan, selain permintaan bantuan bibit ternak, tidak sedikit dari kalangan petani di Seruyan juga berharap agar pemerintah kabupaten menyiapkan tenaga penyuluh peternakan yang tujuannya untuk memberikan bekal pengetahuan bagi para petani.

“Para petani juga mengusulkan agar Pemkab Seruyan mengadakan tenaga penyuluh pertanian dan peternakan. Bila ada tenaga penyulu kami bisa mengetahui cara menggemukkan hewan ternak dan lainnya, sehingga dapat meningkatkan hasil panen maupun hasil peternakan,” pungkasnya.(tim)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait