Pemerintah Daerah Diminta Berani dalam Alokasi Anggaran untuk Program Ketahanan Pangan di Kotim

By kabarbor - May 23, 2023 |
Post View : 299
Views
IMG-20230606-WA0016

Sampit,- DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) mendesak pemerintah daerah untuk mengoptimalkan program ketahanan pangan dengan tujuan mencapai kemandirian pangan di daerah.

Anggota DPRD Kotim, Riskon Fabiansyah, menyampaikan bahwa pemerintah perlu melaksanakan program ini secara bertahap agar dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan mendorong kesejahteraan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

“Pemerintah harus serius melaksanakan program ini tahap demi tahap hingga sampai kepada masyarakat supaya bisa menjadi nyata dan membantu mensejahterakan masyarakat sesuai tujuannya,”ujarnya Selasa, 23 Mei 2023.

Menurutnya, perlunya pemerintah daerah untuk mengembangkan kebijakan yang mendukung pertumbuhan sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan. Dalam hal ini, pemerintah daerah diharapkan memiliki strategi yang terencana dan berkelanjutan untuk meningkatkan produksi pangan dan mendukung kehidupan petani serta nelayan di wilayah tersebut.

“Ketahanan pangan merupakan prioritas baik bagi pemerintah pusat maupun daerah. Oleh karena itu, upaya untuk mewujudkannya harus dilakukan dengan serius, termasuk di tingkat daerah,” tegasnya.

Selanjutnya, Ia juga menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan. Dia menambahkan bahwa keberhasilan program ini bergantung pada keseriusan dan komitmen penuh dari semua pihak terkait, termasuk pemerintah daerah.

Riskon mengingatkan pemerintah daerah akan pentingnya memprioritaskan program ketahanan pangan dan kemandirian di tingkat lokal. Hal ini memerlukan keseriusan, alokasi anggaran yang memadai, serta sinergi antara pemerintah pusat dan daerah.

“Keberanian pemerintah dalam melaksanakan program ini dan kebijakan yang mendukung sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan akan menjadi faktor penentu keberhasilan dalam mewujudkan ketahanan pangan di daerah tersebut,” tuturnya.(rrl).

 

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait