Pasokan Karet di Kotim Bisa Jadi Bahan Baku Aspal

By kabarbor - June 13, 2023 |
Post View : 328
Views
IMG-20230616-WA0009

Sampit,- Anggota Komisi II DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Hj. Darmawati mendorong Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) agar Kotim bisa menjadi pemasok bahan baku berupa karet untuk pengaspalan jalan kepada pemerintah pusat.

“Hal ini bisa memperbaiki harga getah karet di tingkat petani. Karena perbaikan harga karet ini bisa dilakukan dengan bantuan pemerintah daerah yang memasarkan karet sebagai bahan baku untuk campuran aspal,” kata Darmawati, 13 Juni 2023.

Darmawati menyarankan pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur bisa menjajaki kerjasama penyediaan karet untuk program pemerintah itu. Dengan demikian kata dia maka produk andalan karet bisa terserap. 

“Memang ini harus ada penjajakan bersama ke Pemerintah Pusat. Daerah siap sediakan karet, dan saya kira jumlah produksi karet di Kotim ini sangat melimpah kalau memang mau dikerjakan secara serius,” ungkapnya.

Legislator Golkar ini juga mendorong agar pembangunan jalan di Kotim bisa mengadopsi campuran karet dengan aspal. 

Setiap tahunnya puluhan miliar anggaran dikucurkan untuk pembangunan jalan beraspal. Ini harusnya bisa berdampak ditingkat petani.

“Pembangunan infrastruktur terutama jalan ini untuk mendekatkan produksi dengan distribusi, kemudian ke kawasan pariwisata dan lainnya. Intinya dengan adanya penggunakan karet campuran aspal ini ada nilai tambah,” ungkapnya.

Ia menambhkan negara mendukung penggunaan aspal karet ini karena secara teknis membuat jalan jauh lebih tahan lama, terutama di daerah yang sebagai besar wilayahnya rawa seperti Sumatera dan Kalimantan.(rrl).

 

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait