Masyarakat Harus Bijak Terhadap Maraknya Penipuan Online

By kabarbor - November 1, 2023 |
Post View : 371
Views
IMG-20231124-WA0021

Puruk Cahu – Anggota DPRD Murung Raya (Mura), Rahmat Hidayat menghimbau kepada masyarakat untuk bijak dan memahami adanya tindakan yang merugikan melalui penipuan secara online yang marak terjad, karena di era digital ini hampir seluruh orang rata-rata menggunakan teknologi.
“Baik itu penipuan yang dilakukan dengan mencatut nama seseorang seperti pejabat bahkan mengatasnamakan lembaga dan perbankan. Tentu semuanya sering terjadi karena kemajuan teknologi saat ini memang semakin banyak terjadi kejahatan di dunia maya,”ucap politisi muda tersebut, Rabu (1/11/2023).
Oleh karena itu, dirinya menghimbau agar masyarakat lebih jeli dalam menanggapi tawaran apapun maupun jasa melalui online dengan berbagi modus penipuan online sekarang ini. Seperti melalui pesan whatsApp yang dimanfaatkan penjahat untuk mengirim file dalam format aplikasi. Bahkan ada yang melalui undangan pernikahan atau kurir paket, dan lain sebagainya.
Menurutnya, penipuan online bukan lagi menjadi hal baru yang terjadi di kalangan masyarakat. Bentuknya dari yang kecil sampai besar. Seiring kemajuan teknologi saat ini, maka berbagai modus dan pola penipuan dilakukan agar korban yang ditargetkan jatuh dalam tipu daya yang dilakukan.
“Masyarakat jangan gampang percaya apabila ada nomor baru atau membuka file atau link yg dikirim melewati whatsApp atau email. Harus dikroscek terlebih dahulu, siapa pengirimnya. Apalagi dari orang yang tidak dikenal,”imbau Rahmat.
Legislator PKB ini mengajak masyarakat harus semakin cerdas dalam mengunakan media sosial atau dunia maya. Jangan gampang percaya dan tergoda ketika ada tawaran barang maupun jasa melalui online lainnya.(red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait