Fraksi PAN DPRD Mura Soroti Sejumlah Sektor Pajak Belum Maksimal

By kabarbor - September 6, 2023 |
Post View : 328
Views
IMG-20231028-WA0034

Puruk Cahu – Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Murung Raya (Mura) menilai bahwa Pemerintah Daerah (Mura) belum ada upaya dan langkah-langkah strategis dalam memulihkan atau mengembalikan penurunan.
Melalui juru bicara fraksi PAN, Akhmad Tafruji mengatakan bahwa tergambar dalam data yang disajikan Pemerintah Daerah masih banyaknya target dari sektor-sektor pajak daerah dan lain- lain pendapatan yang sah tidak mengalami kenaikan baik sebelum perubahan maupun setelah perubahan.
“Sementara terhadap pajak daerah yakni pada sektor pajak reklame papan billboard, videotron, ataupun megatron dimana sebelum perubahan ataupun setelah perubahan sebutnya tidak mengalami kenaikan atau tetap. Kami mohon penjelasan,” terang Akhmad Tafruji dalam pandangan fraksi PAN di rapat paripurna ke 2 masa sidang III tahun 2023, Rabu (6/09/2023).
Dimana hal ini, lanjut Tafruji, seharusnya dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap kenaikan pajak daerah pada sektor pajak reklame, sebab pada tahun 2023 yang merupakan tahun politik yang memasuki tahun pemilihan legislatif tahun 2024.
“Hal ini mengakibatkan banyaknya alat peraga kampanye berupa spanduk, baleho dan lainnya yang menghiasi disepanjang jalan strategis di Kota Puruk dan sekitarnya,” tambah Tafruji.
Selanjutnya, Fraksi PAN juga mempertanyakan apakah alat peraga kampanye seperti baleho, spanduk, billboard, videotron, dan megatron yang terpampang disepanjang jalan kota Puruk Cahu sebagai pajak daerah.
Berdasarkan rekapitulasi perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2023 terutama pada sektor pendapatan daerah yang secara umum mengalami penurunan sebesar Rp 7. 599. 300.000 atau sebesar dengan 9 persen.(red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait