Legislator Dorong Pemkab Bantu Pasarkan Produk UMKM

By kabarbor - April 12, 2023 |
Post View : 311
Views
IMG-20230412-WA0008

Sampit,- Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Dra. Rinie Anderson mendorong pemerintah daerah melalui instansi terkait untuk mendukung pemasaran produk usaha lokal, termasuk UMKM.

Menurutnya, banyak produk kerajinan hasil daerah di Kabupaten Kotawaringin Timut yang berkualitas dan dapat bersaing dengan produk impor, namun masih kesulitan untuk menembus pasar nasional bahkan internasional.

“Ini penting diberikan dukungan dari pemerintah daerah agar setiap produk kerajinan hasil industri masyarakat yang memiliki nilai ekonomi dan daya saing tinggi dapat dipasarkan secara nasional hingga internasional melalui kegiatan ekspor. Saat ini, kegiatan ekspor masih didominasi oleh sektor pertambangan dan perkebunan, sedangkan kerajinan produk UMKM masih terbilang minim,” kata Rinie, 12 April 2023.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini juga menyarankan, guna memperluas pasar produk kerajinan bahwa konsep dalam memasarkannya perlu lebih dioptimalkan lagi. Selain pelaku usaha yang akan mendapatkan nilai positif, keuntungan juga akan dirasakan oleh daerah. Oleh karena itu, pembinaan terhadap para pelaku UMKM juga perlu terus ditingkatkan agar mereka dapat terus menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi yang dapat bersaing dengan produk dari luar.

Rinie percaya bahwa jika produk kerajinan hasil lokal terus meningkat kualitasnya dan tampilannya, maka tidak menutup kemungkinan akan banyak peminatnya. Selain itu, pemasaran melalui kegiatan ekspor juga akan lebih mudah, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada pendapatan daerah.

Sebagai wakil rakyat, Rinie meminta kepada pemerintah daerah dan instansi terkait untuk memperhatikan masalah ini dengan serius. Dukungan dan bantuan yang diberikan kepada pelaku UMKM akan membantu mereka memperluas pasar dan meningkatkan kualitas produk mereka. Hal ini akan berdampak positif pada ekonomi masyarakat setempat dan daerah secara keseluruhan.(rrl).

 

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait