Kotim Dinilai Punya Potensi Ekspor Tiga Hal Ini Kalau Serius Diberdayakan

By kabarbor - March 24, 2023 |
Post View : 363
Views
IMG-20230131-WA0011

SAMPIT – Ketua Komisi II DPRD Kotim Juliansyah T.Sos menilai, daerah ini mempunyai dua sektor yang harus benar-benar diperhatikan. Selain mempunyai potensi besar sampai bisa ekspor, sistem pengelolaannya pun disebut tidak terlalu rumit dan banyak peminat dikalangan masyarakat hingga sejauh ini.

“Yang pertama sektor pertanian di daerah, kita ketahui masyarakat kita sejauh ini banyak sekali yang menggeluti sektor pertanian khususnya sayuran, kalau benar-benar serius di berdayakan kami kira potensi kita untuk eskpor sangat berpeluang besar,”ungkapnya Jum’at (24/3/2023).

Disisi lain dia juga menyebutkan, sektor perikanan dan peternakan juga dinilai sangat memiliki potensi besar kalau bisa digalakkan lebih pesat dikalangan masyarakat. Selain memiliki nilai jual tinggi, sektor ini juga disebutkan tidak begitu memakan banyak biaya pemeliharaan sampai masa panen.

“Ikan air tawar kita di daerah ini nilainya mahal-mahal dan tinggal kita sterilisasi lokasi perkembangbiakannya saja, sementara untuk ternak kita juga tidak kalah sangat potensial, masyarakat kita ini juga banyak yang sangat handal dalam urusan hal ini, tinggal pemerintah daerah lebih serius saja, dan memang harus dibangun fasilitas yang baik,” timpalnya.

Legislator Partai Gerindra ini berharap, pemerintah daerah melalui instansi terkait bisa menjadi pelopor bidang tersebut. Sehingga masyarakat mendapatkan perhatian khusus dan menjadikan potensi itu sendiri sebagai mata pencaharian utama jangka panjang.

“Instansi terkait harus benar-benar mempersiapkan hal ini, dan harus komitmen dalam program kerja mereka, jangan sampai terkesan mudah berubah-ubah, pokus dulu terhadap dua atau tiga item, kalau sudah selesai baru bergeser ke bidang lainnya,” tutupnya.

(Rrl)

 

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait