Bahaya Kebakaran: DPRD Kotim Ingatkan Pentingnya Kewaspadaan Masyarakat

By kabarbor - June 13, 2023 |
Post View : 318
Views
IMG-20230616-WA0013

Sampit,- Anggota DPRD Kotawaringin timur (Kotim), Dadang Siswanto, mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran terhadap potensi kebakaran bangunan. Ia menyampaikan pentingnya kepedulian terhadap arus listrik di rumah sebagai langkah preventif.

“Yakni dengan cara lebih peduli terhadap arus listrik terutama di rumah seperti mematikan listrik yang tidak digunakan, tidak menggunakan arus listrik dalam jumlah yang banyak,” ujarnya Selasa, 13 Juni 2023.

Menurutnya, kebakaran merupakan bencana yang tak mengenal waktu, tempat, atau siapa pun yang menjadi korban. Masalah kebakaran di Kotim masih sering terjadi, mengindikasikan perlunya peningkatan kesadaran dalam mencegah kebakaran. Upaya pencegahan yang lebih meningkat sangat diperlukan guna meminimalisir kejadian tersebut.

Dadang mengingatkan masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan arus listrik dan menghindari pemakaian berlebihan. Ia juga menekankan bahwa penggunaan arus listrik yang berlebihan dapat menjadi faktor risiko kebakaran.

Selain itu, langkah pencegahan yang lain yang dapat dilakukan adalah memeriksa instalasi listrik secara berkala. Masyarakat disarankan untuk memastikan kabel-kabel listrik tidak terkelupas atau rusak, dan menghindari penggunaan kabel yang tidak standar.

“Kami menyarankan untuk menyimpan bahan-bahan yang mudah terbakar dengan aman dan menjauhkannya dari sumber api, serta memasang alat pemadam kebakaran di tempat yang mudah diakses,” tuturnya

Dadang Siswanto berharap agar masyarakat tidak hanya menjadi konsumen listrik, tetapi juga menjadi pemakai yang bijak dan bertanggung jawab. Dengan adanya kesadaran kolektif dan tindakan preventif yang dilakukan bersama-sama, diharapkan dapat mengurangi risiko kebakaran dan melindungi bangunan serta nyawa masyarakat di Kotim.

“Mari kita tingkatkan kesadaran dan kewaspadaan kita terhadap potensi kebakaran, sehingga kita dapat menciptakan lingkungan yang aman dari bahaya kebakaran,” tutupnya.(rrl).

 

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait