Ketua DPRD Seruyan Minta Pemdes Bantu Warga Lengkapi Administrasi Kependudukan

By kabarbor - April 3, 2023 |
Post View : 308
Views
IMG-20230430-WA0020

KUALA PEMBUANG – Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetya meminta kepada Pemerintah Desa (Pemdes) di wilayah Kabupaten Seruyan untuk dapat membantu warganya dalam melengkapi dokumen atau administrasi kependudukan.

“Untuk itu saya meminta kepada seluruh Pemerintah Desa di daerah ini untuk ikut andil bagian dalam membantu warga masyarakatnya dalam melengkapi dokumen kependudukan, karena semuanya saat ini apa-apa itu perlu data,” kata Zuli Eko Prasetyo.

Ketua Dewan juga mengungkapkan bahwa tidak sedikit warga masyarakat di pedesaan sekarang ini yang memerlukan peran dari pemerintah desa untuk membantu dan mengawal mereka dalam melengkapi dokumen kependudukan seperti kartu identias atau KTP, Kartu Keluarga (KK) dan akte kelahiran (AK) serta Kartu Identitas Anak (KIA).

Lebihb lanjut Zuli Eko mengatakan terlebih jika faktor ketidakpahaman atau ketidaktahuan menjadi kendala utama warga masyarakat untuk mengurus dan membuat dokumen administrasi kependudukan tersebut.

Selain itu juga kata dia faktor lainnya seperti akses transportasi yang sangat jauh, terutama mereka yang tinggal di hulu Seruyan yang tentunya sangat jauh apabila harus mengurus administrasi ke ibukota kabupaten.

Oleh karena itu dia menambahkan, melihat berbagai kendala yang ada saat ini, dirinya mengharapkan agar Pemdes ambil bagian dan sebagai langkah awal Pemdes bisa memulai dengan melakukan pendataan secara menyeluruh terhadap setiap warganya yang belum memiliki dokumen administrasi kependudukan seperti KTP.

“Setidaknya untuk dokumen-dokumen kependudukan terlebih dahulu, seperti yang utama itu KTP, kartu keluarga, akta kelahiran dan lain-lain, selanjutnya Pemdes bisa mengusulkan ke dinas terkait untuk melakukan perekaman sesuai data masyarakat terdata tersebut,” kata Ketua Dewan Zuli Eko.(tim)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait