Dewan Mura Minta Inspektorat Mura Awasi Internal secara Intensif

By kabarbor - October 9, 2023 |
Post View : 408
Views
IMG-20231116-WA0037

Puruk Cahu – Wakil Ketua Komisi I DPRD Murung Raya (Mura), Rahmat Hidayat meminta setiap mengawasi kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten atau Pemkab dan Pemerintah Desa yang dilakukan Inspektorat mura dilakukan secara intensif.
Ia mengharapkan agar Insepektorat bekerja secara maksimal, agar hasil dan kualitas pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Mura tetap baik.
“Kita minta setiap pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat nilainya justru lebih baik. Jangan sampai menurun. Sehingga hal tersebut harus dihindari, agar kualitas pembangunan di Kabupaten Mura dapat lebih baik lagi,” ungkap Rahmat, Senin (9/10/2023).
Politikus PKB ini meminta jangan sampai pengawasan internal sangat loyo, atau ada upaya kongkalikong dengan pihak yang diawasi. “Karena itu, mereka harus meningkatakan kapabilitas dan kualitas pengawasannya,” timpalnya.
Selain itu, Inspektorat diminta bersikap tegas terhadap temuan dan pelanggaran yang ditemukan pihaknya, sehingga mereka benar-benar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara maksimal pula.
“Karena kita ketahui fungsi inspektorat selain perumus kebijakan teknis bidang pengawasan dan fasilitas pengawasan maka terdapat pelaksanaan pengawasan internal melalui audit, reviu, evaluasi, pemantauan, asistensi dan kegiatan pengawasan lainnya, termasuk di tingkat pemerintahan desa,” sebutnya.
Ia menambahkan bahwa secara internal, Inspektorat lebih berpengaruh ketimbang DPRD, kerena mereka bisa mengawasi dan mengaudit terhadap kegiatan pemerintah.
“Nah melalui peran dan fungsinya ini apakah sudah maksimal, ini yang kami minta agar mereka dapat memaksimalkan fungsi mereka,” pungkasnya.(red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait