Tahun 2021 Pekerjaan Opla Rawa Terus Berlanjut

MUARA TEWEH– Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) melalui Dinas Pertanian (Distan) setempat pada tahun 2021 ini terus melaksanakan program pekerjaan optimalisasi lahan rawa (Opla Rawa) tahun 2020.

Progress pekerjaan Optimalisasi Lahan Rawa tahun 2020, dikerjakan dibeberapa tempat seperti, Desa Trahean, Transabangdep, Majangkan, Baliti, Ketapang, Montallat dan Tumpung Laung di wilayah Kabupaten Barito Utara.

Plt Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Syahmiludin A Surapati mengatakan pada tahun 2021 ini pekerjaan lanjutan Optimalisasi Lahan Rawa tahun 2020 terus kila laksanakan pada tahun 2021, dan telah berjalan dengan baik dan hasilnya sangat menggembirakan.

“Ada pesan dan program serta harapan yang disampaikan secara khusus oleh Bupati Barito Utara, H Nadalsyah kepada jajaran Dinas Pertanian Barito Utara,” kata Syahmiludin, Kamis (4/2/2021) di Muara Teweh.

“Beliau (H Nadalsyah-red) meminta agar kita (jajaran dinas pertanian) bekerja dengan baik dan lebih keras lagi untuk meningkatkan produksi dan produktifitas pertanian yang dapat memberikan kesejahteraan dan peningkatan taraf hidup masyarakat petani di Barito Utara,” kata dia.

Menurut Syahmiludin, salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan melakukan perbaikan sistem irigasi dan saluran air pembuangan pada lahan rawa yang marginal dan belum bisa dimanfaatkan selama ini untuk dijadikan lahan perluasan areal tanam baru (PATB).

“Komoditi pertanian penting, penggunaan benih unggul bermutu, perbaikan teknis budidaya, pengendalian OPT dan hama penyakit pertanian, peningkatan produksi dan produktifitas, penanganan panen dan pasca panen yang baik diyakini menjadi cara terbaik yang dapat dikembangkan untuk memujudkan kemajuan pertanian di wilayah Kabupaten Barito Utara,” pungkasnya.(Red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait