Dewan Apresiasi LPB HATAPA Beri Pelatihan UMKM Pembudaya Kelulut di Barito Utara

By kabarbor - September 13, 2023 |
Post View : 311
Views
IMG-20230913-WA0005

MUARA TEWEH – DPRD Kabupaten Barito Utara, Reza Faisal mengapresiasi kegiatan pelatihan yang diberikan Lembaga Pengembangan Bisnis Hadaduhup Itah Parajakian (LPB HATAPA) kepada para UMKM Pembudidaya kelulut dari Desa Bintang Ninggi I dan II, Desa Pendreh, dan Kelurahan Jambu.

Menurutnya, kegiatan tersebut dapat menambah ilmu dari para pelaku UMKM pembudidaya Kelulut di wilayah tersebut. “Kami menyambut positif dan mengapresisasi kegiatan pelatihan yang diberikan LPB HATAPA. Diharapkan dengan bertambahnya wawasan terkait budidaya kelulut ini, bisa meningkatkan kesejahteraan 21 orang UMKM Pembudidaya kelulut yang mengikuti pelatihan tersebut,” ujarnya, Rabu (13/9/2023).

Diketahui bahwa pelatihan tersebut dilaksanakan selama 2 (Dua) Hari, oleh lembaga pengembangan bisnis hadaduhup itah parajakian, di Aula Bintang Ninggi I, Sabtu (2/9/2023).

Kegiatan Pelatihan Peningkatan Produktivitas Budidaya Madu Kelulut dibuka oleh Koordinator Lembaga Pengembangan Bisnis Hadaduhup Itah Parajakian (LPB HATAPA), Amir dengan tujuan membantu para pembudiaya dalam meningkatkan hasil produksinya, yang secara tidak lansung juga meningkatkan perekonomian para UMKM Pembididaya Kelulut.

Sebagai Instruktur dalam pelatihan tersebut, Albi. Ia memaparkan materi tentang Teknis budidaya kelulut, dimulai dari materi pengenalan jenis-jenis kelulut yang ada di Kalimantan, Keunggulan budidaya kelulut, cara pembuatan sarang kelulut (toping dan Stup), cara panen madu yang baik, penentuan lokasi budidaya, pengenalan vegetasi tanaman penunjang makanan kelulut, pengendalian hama penyakit, pengelolaan koloni kelulut, dan produk yang dihasilkan selain madu kelulut seperti polen dan propolis.

Selanjutnya hari kedua para peserta pelatihan diajak untuk praktek pembuatan sarang tempat kelulut yaitu Toping dan Stup (Stup berguna untuk tempat telur koloni kelulut sedangkan toping berguna untuk cawan madu kelulut), setelah kegiatan praktek pembuatan sarang kelulut dilanjutkan dengan praktek kunjungan langsung ke tempat budidaya kelulut peserta pelatihan , disana Instruktur menjelaskan cara membuka sarang kelulut yang baik dan benar serta menjelaskan ciri-ciri koloni yang kuat dan lemah dilanjutkan dengan penjelasaan cara mengatasi hama kelulut.

“Dengan adanya Pelatihan Peningkatan Produktivitas Pembudidaya madu Kelulut, harapan kita UMKM Pembudidaya kelulut mengetahui dan memahami teknik budidaya Madu Kelulut yang meliputi cara pemeliharaan, pemilihan lokasi Budidaya dan dan teknik pemuliaan/memperbanyak (pemecahan koloni), cara mebuat stub dan kotak Toping. Kultivator UMKM kelulut mengetahui cara mengatasi permasalahan produktivitas madu yang rendah,” ujar Albi.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait