UPTD BLK Disnakertrankop dan UKM Barut Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi

By kabarbor - October 6, 2022 |
Post View : 371
Views
558F5A4D-76D4-4CC2-AC1F-491D07B1C366

Muara Teweh – UPTD Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Utara (BLK Disnakertrankop dan UKM Barut) kembali menggelar kegiatan pelatihan operator komputer muda dan pelatihan menjahit pakaian dengan mesin yang dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Barito Utara Drs Muhlis di aula Kecamatan Teweh Tengah, Kamis (6/10/2022).

Bupati Barito Utara H Nadalsyah dalam sambutannya yang disampaikan Sekda, Drs Muhlis, berharap melalui pelatihan ini para peserta dapat menambah ilmu pengetahuan, wawasan dan keterampilan.

“Kegiatan pelatihan seperti ini memiliki arti penting sebagai upaya memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi peserta pelatihan yang nantinya sebagai pencari kerja untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha ataupun kemampuan dalam mencari kerja,” kata Sekda Muhlis membcakan sambutan bupati.

Sekda juga berharap kepada para peserta selepas pelatihan ini dapat terus mengembangkan diri dalam ilmu pengetahuan maupun keterampilan. Pada kesempatan itu Bupati juga mengapresiasi pihak penyelenggara, pengajar, peserta, dan seluruh pihak yang terlibat dalam pelatihan ini.

“Saya berharap kepada para peserta pelatihan ini, untuk tidak hanya berhenti sampai selesainya pelatihan ini saja, tetapi harus selalu terus berusaha untuk meningkatkan pengetahuan dan mengemnbangkan kemampuan keterampilannya secara profesional dan kompetitif disegala bidang selaras dengan perkembangan yang begitu cepat pada saat ini,” kata Sekda.

Dalam rangka upaya mewujudkan itu semua, diharapkan adanya jalinan kerjasama, sinergitas dan kolaborasi dari organisasi perangkat daerah, BUMN, BUMS, BUMD dan stakeholder terkait lainnya.

Sementara Kepala Dinas Nakertranskop dan UKM Barito Utara M Mastur mengatakan pelatihan berbasis kompetensi program pendidikan dan pelatihan vokasi yang berbasis kompetensi ini dalam rangka menyiapkan tenaga kerja serta wirausahawan yang siap kerja

“Pelatihan ini guna membekali peserta agar memiliki kompetensi dalam mencari kerja maupun membuka lapangan kerja dalam berwirausaha,” kata Mastur.

Lebih lanjut Mastur mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan ini merupakan salah satu program pendidikan dan pelatihan vokasi yang berbasis kompetensi, artinya pelatihan ini dalam rangka menyiapkan calon tenaga kerja atau pencari kerja serta calon wira usaha yang siap kerja dan siap pakai dan juga sebagai upaya mengantisipasi dampak inflasi daerah.

Dalam kegiatan pelatihan tersebut diikuti sebanyak 16 peserta pelatihan operator komputer muda dan 16 peserta pelatihan menjahit pakaian dengan mesin. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan pelatihan tahap ke III yang sudah dilaksanakan oleh UPTD BLK Disnakertranskop dan UKM Barito Utara.

Usai kegiatan pembukaan pelatihan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan hibah barang dari perusahaan yang berada di wilayah Kabupaten Barito Utara kepada UPTD Balai Latihan Kerja Disnakertranskop Barito Utara.(ard)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait