Pj Bupati Kukuhkan Forum Pembauran Kebangsaan Barito Utara

By kabarbor - December 15, 2023 |
Post View : 418
Views
IMG-20231215-WA0008

Muara Teweh – Penjabat (Pj) Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengukuhkan Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Barito Uara Periode tahun 2023-2025, di gedung Balai Antang Muara Teweh, Jumat (15/12/2023).

Pengkuhan dihadiri Pj Sekda Jufriansyah, Ketua DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini, mewakili unsur FKPD, staf ahli bupati, asisten sekda, kepala perangkat daerah, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Barito Utara dan seluruh anggota, Camat se Barito Utara dan udangan lainnya.

“Kehadiran Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) sangat dibutuhkan untuk kebutuhan NKRI yang sangat rentan terhadap konflik. Perlu pembauran antar suku agar fanatisme kesukuan tidak memicu konflik. Sekecil apapun persoalan sosial harus segera terselesaikan agar tidak menjadi besar,” kata Pj Bupati Muhlis saat memnyampaikan sambutannya, usai pengukuhan pengurus FPK periode 2023-2025, di gedung Balai Antang, Jumat (15/12/2023).

Dikatakan Muhlis pembauran kebangsaan adalah proses pelaksamaam kegiatan integrasi anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, etnis, melalui interaksi sosial dalam bidang bahasa, adat istiadat, seni budaya, pendidkan, dan perekonomian untuk mewujudkan kebangsaan indonesia tanpa harus menghilangkan identitas ras, suku, dan etnis yang ada dalam kerangka NKRI.

Muhlis juga mengatakan dalam rangka menjaga dan memelihara keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa serta tetap tegaknya kedaulatan NKRI, diperlukan adanya komitmen seluruh bangsa, bahwa pembauran kebangsaan merupakan bagian penting dari kerukunan nasional dan upaya dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Untuk itu, saya meminta kepada Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Barito Utara agar mempedomani anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi,” kata Pj Bupati Muhlis.

Lebih lanjut Muhlis menyampaikan memasuki tahun politik ini dirinya meminta kepada Forum Pembauran Kebangsaan agar bersikap netral tanpa memihak salah satu partai politik maupun peserta pemilu. “Sehingga kinerja Forum Pembauran Kebangsaan terbebas dari intervensi dari pihak manapun,” imbuhnya.

Pj Bupati pada kesempatan tersebut juga berpesan agar setelah dikukuhkan ini langsung menyusun program kerja sehingga peran aktif dan sumbangsih forum pembauran Kabupaten Barito Utara dapat dirasakan.

Tidak lupa juga Muhlis berpesan dan mengajak kepada semua pihak untuk bersatu padu bergandengan tangan untuk mensukseskan seluruh rangkaian tahapan pemilu serentak tahun 2024 mendatang, terutama menjaga keamanan serta kondusifitas di Barito Utara.

“Saya mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Barito Utara periode 2023-2025 yang di Ketuai oleh Sudara Pujiono AK yang baru saja dikukuhkan, selamat bertugas, mengabdikan diri untuk Kabupaten Barito Utara,” pungkasnya.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait