Pj Bupati Barito Utara Saksikan Ketinting Race Murung Raya 2023

By kabarbor - November 25, 2023 |
Post View : 383
Views
IMG-20231126-WA0000

Puruk Cahu – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis bersama Pj Sekda Drs Jufriansyah dan beberapa kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Barito Utara menyaksikan lomba Ketinting Race Murung Raya Tahun 2023, Sabtu (25/11/2023).

Lomba Ketinting Race Murung Raya Tahun 2023 ini diselenggarakan oleh Panitia Ketinting bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Murung Raya. Lomba Ketinting ini diinisiasi oleh Pembina Ketinting Provinsi Kalimantan Tengah, H Nadalsyah, setelah sebelumnya dilaksanakan dibeberapa daerah di Kalimantan Tengah.

Selain rombongan pejabat dari Pemkab Barito Utara, Wakil Ketua II DPRD Provinsi Kalteng, Ketua dan anggota DPRD Barito Utara juga ikut menyaksikan gelaran lomba tersebut.
Adapun pembukaan Lomba Ketinting Race dibuka oleh Pj Bupati Murung Raya Drs Hermon dihari sebelumnya, Jumat 24 November 2023 yang diikuti kurang lebih 100 peserta dari Kalsel, Kaltim dan Kalteng.

Dari Kalteng, selaku tuan rumah diikuti perwakilan dari Kabupaten/Kota se Kalteng. Lomba sendiri dilaksanakan di Sungai Barito, tepatnya di bawah Jembatan Merdeka Murung Raya.

Pembina Ketinting Kalteng, H Nadalsyah hadir langsung untuk memantau jalannya perlombaan. H Nadalsyah yang menjabat Bupati Barito Utara periode 2013-2023 mengharapkan seluruh masyarakat Kalimantan Tengah kembali menggemari warisan budaya dari para pendahulu khususnya Ketinting.

“Bulan Oktober kemarin kita telah sukses menggelar Ketinting Race di Kota Palangka Raya,” kata Nadalsyah.

Semasa menjabat sebagai Bupati Barito Utara, H Nadalsyah telah menggelar Lomba Ketinting Batara Cup 2023 pada tanggal 10 September yang lalu.

Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis menyampaikan bahwa Pemkab Barito Utara akan melanjutkan apa yang sudah dimulai oleh Bapak H Nadalsyah, dengan meneruskan event ketinting pada setiap tahunnya di Barito Utara.

Selain untuk menjaga tradisi para pendahulu kita, Pj Bupati juga berharap event Ketinting ini bisa menarik wisatawan domestik untuk berkunjung ke Barito Utara.

“Semoga daerah Barito Utara bisa lebih dikenal di kancah nasional dengan salahsatunya melalui event Ketinting Race,” harap Muhlis.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait