Pemkab Barut Antisipasi Kenaikan Harga Bahan Pokok Jelang Ramadhan dan Lebaran

By kabarbor - March 15, 2023 |
Post View : 345
Views
IMG-20230316-WA0015

Palangka Raya – Wakil Bupati Barito Utara (Wabup Barut), Sugianto Panala Putra menghadiri rapat koordinasi (Rakor) High Level Meeting Tim pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) serta Penanganan Karhutla Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 di aula Jayang Tingang Kantor Gubernur, Rabu (15/3/2023).

Rakor tersebut dihadiri Ketua DPRD Provinsi Kalteng, Unsur Forkopimda Kalteng, Bupati/Wali Kota serta Forkopimda Kabupaten/Kota, dan undangan lainnya. Dalam pertemuan ini disampaikan paparan dari sejumlah stakeholders terkait, diantaranya dari Kapolda, Danrem, BMKG dan BI.

Bupati Barito Utara, H Nadalsyah melalui Wakil Bupati Sugianto Panala Putra mengatakan bahwa Kabupaten Barito Utara siap mengantisipasi kenaikan harga menjelang bulan Ramadhan dan lebaran serta siap siaga dalam menghadapi karhutla di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

“Meskipun inflasi tidak begitu berdampak di Kabupaten Barito Utara, kita selalu siap untuk mengantisipasi bersama dengan stakeholder terkait. Terlebih menghadapi bulan Ramadhan dan Lebaran tahun 2023,” kata Wabup Sugianto Panala Putra.

Sebelumnya pada rakor tersebut Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung pengendalian inflasi di Provinsi Kalteng, khususnya TPID dan Satgas Pangan.

“Inflasi di Kalteng sempat tinggi di akhir tahun 2022, Alhamdulillah, sepanjang tahun 2023 ini terus membaik. Inflasi gabungan pada bulan Februari 2023 tercatat sebesar 5,94 persen (yoy), urutan ke-15 nasional,” kata Gubernur Sugianto Sabran.

Gubernur Kalteng menyampaikan keberhasilan tersebut tidak lepas dari kerja keras dan upaya seluruh stakeholders, mulai dari operasi pasar murah dan pasar penyeimbang, sidak pasar, Gertam Babe, hingga menjalin kerja sama antar daerah.

Sugianto Sabran juga meminta kepada para Bupati/Walikota untuk antisipasi kenaikan harga bahan-bahan pokok menjelang Bulan Ramadhan dan Lebaran. Selain itu, juga meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi karhutla tahun 2023, dengan memantapkan kesiapan SDM, sarana prasarana, dan anggaran.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait