Ketua TP PKK Barito Utara Buka Kegiatan Seminar Public Speaking

By kabarbor - October 24, 2022 |
Post View : 316
Views
BAAB1A80-4D89-433B-974F-9BE91CC8A0FE

Muara Teweh – Dalam menjalankan tugas pelayanan publik, tidak akan terlepas dari komunikasi publik terutama dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat, baik bersifat kedinasan, kepentingan umum atau organisasi masyarakat.

Terkait hal tersebut TP PKK Kabupaten Barito Utara yang berbahaya terhadap Public Speaking Banjarbaru menggelar Seminar Public Speaking di Gedung Balai Antang, Muara Teweh, Senin (24/10/2022).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua TP PKK Barito Utara, HJ Sri Hidayati dan dihadiri oleh Ketua DPRD Barito Utara Hj Merry Rukaini, Ketua GOW Nila Sari Sugianto Panala Putra, anggota DPRD, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, dan pengurus serta anggota TP PKK Barito Utara.

Ketua TP PKK, Hj Sri Hidayati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua DPRD yang yang telah memberikan bantuan dana dalam pelaksanaan seminar.

Ketua TP PKK menjelaskan bahwa dalam era keterbukaan informasi publik saat ini, kesempatan untuk berbicara dan mengeluarkan pendapat di muka umum sangat terbuka lebar.

“Setiap orang dapat berbicara di muka umum, namun belum tentu semua orang mampu berbicara dengan tepat,” jelas Hj Sri Hidayati.

Berbicara tidak sekedar mengeluarkan kata-kata, uneg-uneg atau perasaan, namun lebih dari itu. Berbicara adalah proses dan seni menyampaikan informasi dan gagasan pada orang lain yang tepat, di waktu yang tepat dan pada orang yang tepat.

Public speaking merupakan suatu bentuk komunikasi publik guna menyampaikan pesan atau informasi dalam berbagai bentuk seperti suara, tulisan, lisan, simbol-simbol, gambar dan lainnya yang bertujuan mempengaruhi, mengajak, mendidik, mengubah opini secara runtu, logis dan jelas sehingga menimbulkan persepsi yang berbeda.

“Selain Bahasa untuk mencapai komunikasi yang efektif, juga sangat dipengaruhi oleh ekspresi tubuh saat berbicara,” ungkap Hj Sri Hidayati.

Sering terjadi, kata dia ketika seseorang menyampaikan pesan, apa yang diucapkan tanpa di dukung ekspresi tubuh yang benar terkadang bisa dipersepsikan berbeda oleh audensi.

Ketua TP PKK menyampaikan bahwa dengan modal percaya diri yang tinggi diharapkan kita bisa sukses menyampaikan pesan terkait kebijakan dan pembangunan kepada masyarakat.

“Dengan Public Speaking diharapkan dapat meningkatkan potensi diri kita untuk lebih professional dalam melaksanakan tugas memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat untuk mewujudkan Barito Utara kuat, masyarakatnya sehat dan aekonominya tumbuh pesat,” pungkasnya.

Usai sambutan Ketua TP PKK, Azlianur Karim, dan Rona Hernawati, memberikan materi kepada para peserta seminar.(ard)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait