KesbangPol Barut Sosialisasi dan Ikrar Batara Bersinar

By kabarbor - October 21, 2022 |
Post View : 309
Views
E18F62C7-CB8B-4575-9EC1-8BEB0BFD0AAF

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab barut) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KesbangPol) setempat melaksanakan kegiatan sosialisasi dan Ikrar Batara Bersinar (Bersih dari Narkoba) di Cafe Kopi Itah Tanam Rekreasi Remaja Jalan Putra Sabui, Kamis (20/10/2022).

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra sekaligus membuka kegiatan sosialisasi dan Ikrar Batara Bersinar (Bersih dari Narkoba). Dan juga dihadiri Kepala BNN Provinsi Kalimantan Tengah Brigjen Pol Drs Sumirat Dwiyanto beserta rombongan, unsur FKPD, stap ahli bupati, asisten sekda, kepala instansi vertikal, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

“Narkotika merupakan salah satu jenis kejahatan extraordinary crime yang terorganisir lintas negara/internasional yang dapat menjadi ancaman serius karena dapat merusak sendi-sendi kehidupan suatu bangsa sehingga kita perlu melakukan perlawanan terhadap kejahatan luatjr biasa yang menjadi tantangan Negara-negara didunia termasuk Indonesia,” kata Bupati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra.

Dikatakan Wabup, Kabupaten Barrito Utara pada khususnya, kejahatan luar biasa ini sudah menjalar ke berbagai lapisan masyarakat, dan generasi muda bahkan hinga pelosok desa. Dari data yang dilansir oleh Badan Narkotika Nasional (BNN), bahwa saat ini jumlah penggguna narkotika, psikotropika dan bahan adiktif di Indonesia di perkirakan mencapai 4,2 juta orang.

“Penggunanya termasuk anak-anak yang justru dipersiapkan menjadi generasi untuk masa depan pembangunan bangsa dan Negara,” kata Wabup Sugianto Panala Putra.

Diungkapkannya, tercemarnya generasi muda oleh zat adiktif dan obat-obatan terlarang, menjadi ancaman serius terhadap keberlansungan dan keberhasilan pembanguan sumber daya manusia yang akan berimplikasi negattif terhadap pembanguan negeri secara keseluruhan. “Oleh karena itu pemberantasan dan pencegahan penyalahgunaan narkoba menjadi agenda wajib seluruh Bangsa Indonesia,” ucap Sugianto Panala Putra.

Tepat kiranya, kata Wabup jika kita menyatakan bahwa narkoba adalah musuh kita bersama. “Untuk seluruh kalangan pelajar yang hadir disini, saya harap dapat menjadi pelopor dan motor penggerak sekaligus penginisiasi yang mampu mengajak rekan sesame pemuda dan pelajar untuk menjauhi narkoba serta mengedukasi bahaya yang ditimbulkan dari penyalahgunaan narkoba,” pintanya.

Wabup menambahkan, melalui Ikrar Batara Bersinar yang diucapkan ini, menjadi awal atas berbagai aktivitas rill, yang akan dilakukan oleh para perwakilan pemuda yang hadir dengan terus memperkuat benteng pertahanan terhadap godaan penyalahgunaan narkoba yang dapat menghampiri sewaktu-waktu.(ard)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait