Kembangkan Bumdes Benangin II, Pamapersada Nusantara Distrik BEKB Terima Penghargaan Mendes PDTT

By kabarbor - May 28, 2024 |
Post View : 487
Views
IMG-20240528-WA0026

BARITO UTARA – PT Pamapersada Nusantara Distrik BEKB mendapatkan penghargaan atas pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Benangin II Kecamatan Teweh Timur Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Program Creating Shared Value (CSV).

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Republik Indonesia Abdul Halim Iskandar yang diterima Raihan Ernando PS salah satu perwakilan PAMA Distrik BEKB pada Selasa, 7 Mei 2024 di Westin Hotel Jakarta.

“Hal ini kita dapatkan, karena adanya support PT. Pamapersada Nusantara Distrik BEKB dalam mengembangkan BUMDES Benangin II, Kecamatan Teweh Timur, Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah (Kalteng) dan pembinaan Bumdes ini kami lakukan dari tahun 2022 dimana Bumdes Benangin II yaitu Bumdes Iya Mulik Bengkang Turan (IMBT) sudah dibentuk sebelum-sebelumnya, tapi keanggotaannya banyak tidak aktif,” kata Arif Setyo Nugroho selaku CSR Sect. Head, Selasa (28/5/2024).

Padahal, lanjut dia, peluang dan kesempatan cukup banyak dalam pengadaan barang di perusahaan yang selama ini hanya dilakukan oleh vendor luar, sehingga menjadikan inovasi kami untuk mengembangkan Bumdes tersebut, kemudian dengan adanya vendor lokal yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan operasional di pertambangan.

Disampaikan Arif Setyo, pengembangan Bumdes IMBT ini sangat penting dilakukan dan melihat peluang perusahaan untuk berkerjasama dengan vendor lokal juga sangat besar, sebab tidak hanya keuntungan di perusahaan saja, karena dari segi areal yang berdekatan untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan lebih efisien dan tidak memerlukan waktu mobilisasi yang lama.

Awalnya kerja sama Bumdes IMBT ini, pertama kali hanya dilakukan untuk pengadaan patok saja, tapi semakin berkembang material untuk pembangunan juga melalui Bumdes sekarang ini.

Selain itu, keuntungan dengan partisipasi Bumdes juga memberikan wadah berusaha untuk masyarakat sekitar, tanpa harus menjadi karyawan perusahaan. Target ini yang perlu dipenuhi agar masyarakat mampu meningkatkan pendapatan dan memiliki usahanya sendiri.

Endi selaku Ketua Bumdes Desa Benangin II menyampaikan, dengan binaan PT Pamapersada Nusantara kami selaku pengelola Bumdes mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan lapangan kerja, yang awalnya masyarakat selalu komplain akan lapangan kerja itu sendiri ke perusahaan.

“Selain itu, dengan bumdes kami juga mampu memberikan peningkatan pendapatan desa sehingga kami juga bisa ikutserta dalam pengembangan sarana prasarana desa. Program ini merupakan salah satu pemenuhan program peningkatan pendapatan masyarakat melalui pembentukan dan pengembangan Bumdes di areal desa binaan,” pungkas Endi. (Drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait