Disnakertranskop UKM Gelar Pelatihan Akuntan Koperasi

By kabarbor - July 3, 2023 |
Post View : 316
Views
IMG-20230703-WA0004

Muara Teweh – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Utara (Disnakertranskop UKM Barut) menggelar kegiatan pelatihan Akuntan Koperasi “Teknis Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi” di aula Disnakertnaskop UKM setempat, Senin (3/7/2023). Kegiatan tersebut dibuka Kadis Nakertranskop UKM Barito Utara, M Mastur.

Dalam sambutannya, Mastur mengatakan kegiatan pelatihan ini merupakan perwujudan dari salah satu program atau kegiatan Disnakertnaskop UKM Barito Utara yang bertujuan memperkuat profesionalisme, produktivitas dan daya saing koperasi.

Menurut Mastur kegiatan ini selaras dengan visi dan misi Kepala Daerah Barito Utara periode 2018–2023 yaitu terwujudnya masyarakat Barito Utara yang religius, mandiri dan sejahtera melalui percepatan peningkatan pembangunan di bidang sumber daya manusia, infrastruktur dan ekonomi kerakyatan.

“Pembinaan dan pengembangan Koperasi dan UMKM adalah upaya pemerintah, dunia usaha dan masyarakat melalui pelatihan, bimbingan teknis dan bantuan perkuatan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan koperasi dan umkm agar menjadi usaha yang tangguh dan mandiri yang didasarkan pada tiga prinsip yaitu pemberdayaan, pemberian kesempatan berusaha dan perlindungan usaha,” kata Mastur.

Mastur juga mengatakan penyelenggaraan program atau kegiatan pelatihan dan bimbingan teknis bagi pelaku koperasi, usaha, mikro, kecil dan menengah merupakan momen penting dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan profesionalisme serta daya saing di era digitalisasi Koperasi dan UMKM yang diharapkan dapat membangun dan memberdayakan ekonomi masyarakat di daerah ini.

“Sebagaimana arahan dan petunjuk Bupati Barito Utara, dalam upaya membangun dan memberdayakan ekonomi kerakyatan di daerah ini sangat diperlukan motivasi bersama, sinergi dan kolaborasi pemerintah daerah dan stakeholder terkait lainnya, termasuk pelaku-pelaku usaha dan masyarakat,” ucap Mastur.

Lebih lanjut Mastur peningkatan kualitas SDM gerakan koperasi, salah satunya melalui kegiatan pelatihan yang dilaksanakan pada hari ini, yakni pelatihan akuntansi koperasi “teknis penyusunan laporan keuangan koperasi”.

“Dengan dilaksanakannya pelatihan teknis ini diharapkan pengurus dan pengelola koperasi mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan profesionalisme dalam mengelola administrasi keuangan koperasi, sehingga mampu menyusun laporan keuangan koperasi secara lengkap, benar dan akuntable,” imbuhnya.

Hal ini kata Mastur juga akan mempermudah dan mempercepat dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban pengurus maupun pengawas koperasi dalam pelaksanaan rapat anggota tahunan (RAT) koperasi.

Pada kesempatan itu Mastur juga mengatakan agar peserta pelatihan diharapkan dapat mengikuti pelatihan ini dengan disiplin, sungguh-sungguh, aktif bertanya dan berdiskusi dengan instruktur atau pengajar.

Kemudian katanya, setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan kepada seluruh peserta pelatihan memiliki kompetensi pengetahuan, keterampilan dan profesionalisme dalam mengelola administrasi keuangan koperasi dengan baik dan benar sesuai kaidah atau prinsip akuntansi koperasi.

“Setelah mengikuti pelatihan ini, mampu menyusun laporan keuangan koperasi secara baik dan benar sebagai salah satu bahan penyusunan laporan pertanggungjawaban pengurus maupun pengawas dalam RAT koperasi. Dengan demikian tidak ada lagi kendala dan permasalahan dalam menyelenggarakan RAT koperasi secara tepat dan disiplin waktu yang ditentukan,” pungkasnya.

Sementara ketua panita pelaksana kegiatan mengatakan kegiatan pelatihan diikuti sebanyak 25 orang peserta dari beberapa koperasi yang ada di daerah ini. Sedangkan untuk narasumber dari Disnakertranskop UKM Barito Utara dan Universitas Palangka Raya.

“Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama dari tanggal 3-6 Juli 2023 di aula Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Barito Utara,” katanya.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait