Dinkes Barito Utara Gelar Pertemuan Pengelola Smile Bagi Petugas RSUD

By kabarbor - October 27, 2022 |
Post View : 229
Views
B77A9779-7137-412A-8B6A-44FBE40E0E4A

Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat melaksanakan pertemuan peningkatan kapasitas pengelola Smile bagi petugas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muara Teweh, gudang Farmasi dan Puskesmas se-Barut yang dilaksanakan di Aula Pertemuan Dinkes setempat, kamis (27/10/2022).

Kadis Kesehatan Barito Utara H Siswandoyo mengatakan, aplokasi Smile (Sistem Monitoring Imunisasi dan Logistik Elektronik) adalah Platform yang membuat data seputar distribusi vaksin dan lokasi penyimpanannya mulai dari tingkat provinsi hingga puskesmas. Smile menyangga lalu lintas informasi sepanjang lini distribusi logistic, pelaporan, dan pemantauan evaluasi.

“Smile menjawab tiga pertanyaan utama, yaitu dimana vaksin, apakah jumlah yang tersedia mencukupi dan yang ketiga adalah disimpan dalam suhu yang sudah ditetapkan. Sehingga tujuan dalam peluncuran aplikasi Smile adalah memantau secara Real-Time logistic, rantai dingin vaksi dan penyimpanan di seluruh tiyik penyedia vaksin,” katanya.

Dikatakan Kadis Kesehatan, dengan memamfaatkan teknologi internet of things, dimana wahana penyimpanan dan botol vaksin dilengkapi dengan sensor suhu dank ode BAR, data dapat diperoleh.

“Kepastian jawaban secara Real-Time memunculkan peran strategis smile untuk memastikan kualitas dan kuantitas rantai dingin,” tuturnya.

Dirinya juga mengharapkan pada kegiatan ini dapat dirumuskan percepatan cakupan imunisasi rutin lengkap dan capaian UCI desa sebagaimana tujuan khusus. Memastikan data logistic vaksin pusat dan daerah sama, memastikan update data logistic vaksin secara rutin dan melakukan rekonsiliasi logistic vaksin apabila terdapat perbedaan.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas partisipasi dan dukungan serta kerjasama rekan-rekan petugas Smile yang sudah bekerja keras memenuhi capaian target program imunisasi,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Bidang Lingkup Dinkes, Kepala Sub Bagian pada Dinas Kesehatan, narasumber dari UNDP Indonesia Banjarmasin Kalimantan Selatan, serta undangan lainnya.(ard)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait