Bupati Nadalsyah Tanam Perdana Kelapa Sawit di lahan 194 Hektar Desa Tawan Jaya

By kabarbor - March 1, 2022 |
Post View : 391
Views
IMG-20220301-WA0020

MUARA TEWEH – Bupati Barito Utara (Barut), H Nadalsyah didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Drs Muhlis dan unsur FKPD melaksanakan penanaman perdana kelapa sawit di lahan KPKS Jaya Lestari Desa Tawan Jaya Kecamatan Teweh Selatan, Selasa 1 Maret 2022.

Tanam perdana kepala sawit ini disaksikan oleh Komisi II DPRD, Kepala Perangkat Daerah, Dirut Perusda Batara Membangun, unsur Tripika Kecamatan Teweh Selatan, dan undangan lainnya.

Luas lahan yang akan ditanam seluas 194 hektar dengan jumlah bibit sebanyak 29.100 batang. Usai melaksanakan tanam perdana, kegiatan dilanjutkan dengan acara temu wicara Bupati Barito Utara bersama petani dan masyarakat pekebun sawit.

Dalam temu wicara, Bupati Barito Utara, H Nadalsyah menyampaikan kembali pentingnya vaksinasi untuk menjaga kekebalan tubuh dalam menanggulangi Pandemi Covid-19. Mengingat harga sawit yang membaik, Bupati meminta kepada pekebun untuk dapat memelihara sawitnya dengan sebaik-baiknya.

“Dulu harga hanya Rp600,- tetapi sekarang sudah mencapai Rp 3.000,-. Jadi peliharalah sawit saudara dengan sebaik-baiknya,” kata Nadalsyah.

Menjawab pertanyaan terkait status tanah dalam wilayah kawasan hutan, Bupati menjelaskan bahwa proses pelepasan status wilayah tersebut tergantung pada keputusan pusat.

“Kita telah mengusulkan pada Program Penguasaan Tanah dalam Kawasan Hutan (PPTKH), semoga daerah kita mendapat persetujuan terkait usulan kita,” jelas Nadalsyah.

Untuk mensubsidi pupuk, Pemerintah Daerah dalam penyiapan dana untuk mensubsidi pupuk bagi petani, Bupati menjelaskan bahwa saat ini belum bisa. “Ketersediaan anggaran kita sangat terbatas, semoga para petani dapat mensiasati hal tersebut dengan menyisihkan sebagian pendapatan dengan harga sawit yang saat ini naik,” kata Nadalsyah.

Untuk penanganan perawatan jalan yang rusak, Bupati juga meminta kepada para petani agar membuat surat kepada Pemerintah. “Sehubungan jalan itu bukan kewenangan Pemerintah, kita dapat membantu memfasilitasinya dengan pihak perusahaan di wilayah kerjanya,” kata bupati yang akrab disapa H Koyem ini.(Red)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait