Bupati Barito Utara Nadalsyah Buka Lomba Balap Katinting Batara Cup 2023

By kabarbor - September 9, 2023 |
Post View : 352
Views
IMG-20230909-WA0004

Muara Teweh – Bupati Barito Utara H Nadalsyah secara resmi membuka kegiatan lomba Katinting Batara Cup 2023, di sekitar Water Front City (WFC) Jalan Panglima Batur Muara Teweh, Sabtu (9/9/2023).

Dalam kegiatan pembukaan tersebut dihadiri Wakil Bupati Barito Utara isteri, Ketua dan Wakil Ketua serta anggota DPRD Barito Utara, Sekda dan istri, unsur FKPD beserta istri, Ketua Pengadilan Negeri Muara Teweh, Ketua Pengadilan Agama Muara Teweh, Pimpinan PT Pertamina Patra Niaga Kalimantan Tengah, Ketua TP-PKK Barito Utara, staf ahli bupati, asisten sekda, kepala perangkat daerah, Ketua KONI Barito Utara, pimpinan instansi vertikal, perbankan, BUMN, BUMD dan perusahaan serta Camat Teweh Tengah dan Teweh Baru.

“Atas nama masyarakat dan Pemkab Barito Utara memberikan apresiasi dan penghargaan kepada ketua panitia dan seluruh anggota panitia yang mampu mengadakan lomba balap ketinting Batara Cup tahun 2023,” kata Bupati H Nadalsyah.

Dikatakan Nadalsyah bahwa ketinting merupakan alat transportasi yang digunakan para nelayan di perairan tawar, khususnya daerah yang memiliki sungai. Orang-orang terdahulu menjadikan ketinting ini sebagai sarana untuk perlombaan balap di sungai yang dilaksanakan turun temurun.

Seiring berkembangnya kemajuan zaman, balap ketinting ini sudah tidak diminati lagi oleh masyarakat kita, apalagi oleh kalangan generasi muda Barito Utara. Saya berharap dengan diselenggrakannya lomba balap ketinting Batara Cup tahun 2023 ini, tradisi budaya dari orang-orang terdahulu tetap eksis ditengah kemajuan perkembangan zaman,” kata bupati.

Nadalsyah juga berharap balap ketinting ini bisa menjadi perlombaan-perlombaan festival budaya nantinya serta menjadi destinasi wisata di Kabupaten Barito Utara.

“Dan kepada seluruh peserta lomba, saya berpesan agar selalu menjaga sportifitas dan kebersamaan karena tujuan kompetisi ini bukan hanya mencari juara, namun yang tidak kalah penting adalah agar seluruh peserta selalu mengutamakan keselamatan saat melaksanakan kegiatan perlombaan ini,” imbuhnya.

Nadalsyah berpesan kepada seluruh peserta lomba jangan berkecil hati apabila belum mendapatkan juara pada lomba ini, karena hakikat utama lomba balap ketinting Batara Cup tahun 2023 ini untuk menjaga kelestarian budaya balap ketinting.

Bupati juga menyampaikan kepada panitia pelaksana lomba, pada saatnya nanti dimulainya kegiatan ini, agar selalu memperhatikan keselamatan para peserta, mengingat balap ketinting ini boleh dikatakan seperti kegiatan balap motor, tetapi dilaksanakan di sungai, dan harus benar-benar teliti dalam hal keselamatan para peserta lomba.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh panitia atas terselenggarnya kegiatan lomba balap ketinting Batara Cup tahun 2023 serta tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada para sponsor yang telah memberikan sumbangsihnya untuk kelancaran dan suksesnya perlombaan balap ketinting Batara Cup tahun 2023 ini,” pungkasnya.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait