Bijak Kelola Sampah Rumah Tangga

By kabarbor - June 3, 2024 |
Post View : 386
Views
IMG-20240628-WA0032

Palangka Raya -Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, mengajak warga untuk semakin bijak dalam mengelola sampah rumah tangga.

Dia menekankan pentingnya memanfaatkan barang-barang yang masih bisa didaur ulang, guna mengurangi volume sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Sampah adalah masalah bersama yang harus kita atasi dengan bijak. Warga harus mulai memilah dan memanfaatkan barang-barang yang masih bisa didaur ulang, agar volume sampah yang dibuang ke TPA bisa diminimalisir,” katanya, Senin (03/06/2024).

Hera menjelaskan, saat ini volume sampah yang masuk ke TPA Palangka Raya semakin meningkat setiap harinya. Hal ini tentu berdampak buruk bagi lingkungan, baik dari segi estetika maupun kesehatan masyarakat.

“Kita semua harus bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan kota. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPA melalui daur ulang,” ujarnya.

Pemerintah Kota Palangka Raya, lanjut Hera, telah menyediakan fasilitas pengolahan sampah terpadu, yaitu Pusat Daur Ulang Sampah (PDUS) di Jalan Wortel.

Di PDUS, sampah-sampah yang terkumpul akan diolah menjadi produk bernilai ekonomi, seperti pupuk organik dan pakan ternak.
“Kami mendorong warga untuk memanfaatkan PDUS ini. Selain mengurangi volume sampah, warga juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari penjualan produk-produk olahan sampah,” pungkasnya.(ap)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait