Dukung Mitigasi Gas Rumah Kaca, Medco Energi-PLN Tanda Tangani Jual Beli Listrik

By kabarbor - July 7, 2023 |
Post View : 390
Views
IMG-20230707-WA0008

MUARA TEWEH – Medco Energi Bangkanai Limited (MedcoEnergi) dan PT PLN (Persero) melakukan penandatanganan perjanjian jual beli tenaga listrik dan pembangunan instalasi listrik pelanggan.

Pemanfaatan pasokan listrik ini, menunjukan komitmen MedcoEnergi dan PLN untuk terus melakukan mitigasi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan sebagai upaya untuk pencapaian target minyak dan gas nasional yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Penandatanganan perjanjian jual beli ini dilakukan oleh General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Muhammad Joharifin dan General Manager Kalimantan Region Medco E&P Luki Tjahjadi di Kantor PLN UID Kalsengteng, Banjar Baru Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (7/7/23).

Pada perjanjian ini PLN akan memasok listrik sebesar 865 KVA untuk operasional MedcoEnergi. VP Relations & Security Medco E&P Arif Rinaldi mengatakan, Perusahaan berinisiatif mengalihkan pasokan listrik Fasilitas Pemrosesan Gas Karendan (KGPF) Bangkanai dari gas engine generator ke PLN yang akan mensuplai listrik.

Hal ini merupakan salah satu upaya MedcoEnergi dalam memastikan keberlangsungan bisnis dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada secara bertanggung jawab dan memastikan lingkungan hidup di sekitarnya senantiasa terjaga. Inisiatif ini juga akan meningkatkan efisiensi biaya operasi kilang MedcoEnergi di Bangkanai.

”Langkah-langkah perusahaan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca adalah dengan mengurangi penggunaan energi, sehingga meningkatkan efisiensi operasional aset dan juga meningkatkan pemakaian energi dari sumber energi terbarukan. Hal ini tercermin dalam pencapaian berbagai inisiatif pengurangan emisi GRK di aset-aset pada 2022, dengan estimasi pengurangan mencapai 79.000 tCO2e/tahun,” ujar Arif.

VP Relations & Security menambahkan dengan kerja sama ini, Medco Energi Bangkanai Limited dapat melakukan pengurangan emisi CO2 sebanyak 2.708 tCO2e/tahun.

Selain itu, inisiatif ini juga menghemat penggunaan fuelgas dan menjadikan sales gas sebesar 0,15 bbtud. Medco Energi Bangkanai Limited adalah pemegang Participating Interest bersama PT Saka Bangkanai Klemantan untuk Blok Bangkanai. MedcoEnergi sebagai operator dalam pengelolaan blok migas ini. (Drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait