Legislator Ini Apresiasi Lomba Bercerita Bahasa Daerah

By kabarbor - August 27, 2023 |
Post View : 364
Views
IMG-20230827-WA0005

Muara Teweh – Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara Mustafa Joyo Muhtar mengapresiasi dan mendukung penuh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Barito Utara yang telah melaksanakan kegiatan lomba bercerita menggunakan bahasa daerah.

“Sangat mengapresiasi dan mendukung penuh atas terselenggaranya kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di daerah ini,” kata Mustafa Joyo Muhtar, Minggu (27/8/2023).

Hal ini kata Mustafa, merupakan terobosan baru untuk langkah pelestarian objek kebudayaan di tengah peradaban kemajuan zaman, selain itu juga sebagai wujud implementasi Permendagri Nomor 40 tahun 2007 tentang tugas kepala daerah dalam pelestarian dan pengembangan bahasa daerah.

“Diharapkan melalui kegiatan lomba bercerita menggunakan bahasa daerah ini akan bertambahnya panutur-panutur bahasa muda yang tetap konsisten mencintai dan menggunakan bahasa etnisnya secara berkelanjutan,” kata dia.

Mustafa juga mengatakan bahwa, dalam kegiatan lomba bercerita menggunakan bahasa daerah terlihat antusias dan animo para peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut. Dari SMP, SLTA, MA, SMK/Sederajat hingga mencapai 76 peserta.

“Alhamdulillah melihat animo peserta yang oleh pelajar jenjang SMP dan SMA ini menambah keyakinan bahwa masa depan bahasa ibu yang ada banyak di daerah kita akan tetap lestari karena masih banyak generasi penuturnya,” kata politisi Partai Gerindra Barito Utara ini.

Dirinya juga meminta kepada Dinas Pendidikan Barito Utara agar mengupayakan agar bahasa daerah yang di miliki Barito Utara ini bisa menjadi Muata Lokal (Mulok) di sekolah-sekolah yang ada di Barito Utara.

“Hal ini sebagai bagian untuk melestarikan bahasa-bahasa daerah dan membuat kalangan generasi muda bisa mencintai serta tidak malu menggunakan bahasa ibu selain bahasa-bahasa komunikasi untuk pergaulan,” kata Mustafa Joyo Muhtar.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait