Ketua DPRD Barut Jadi Salah Satu Juri lomba masak Panginan Sukup Simpan

By kabarbor - July 14, 2023 |
Post View : 316
Views
IMG-20230716-WA0001

Muara Teweh – Dalam lomba masak Panginan Sukup Simpan dalam rangka memperingati HUT Barito Utara ke 73 yang dilaksanakan di rumah jabatan Buapti beberapa waktu lalu, salah satu dewan jurinya adalah Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara Hj Mery Rukaini.

Menurut Ketua DPRD, kegiatan lomba masak Panginan Sukup Simpan ini sebagai momentum untuk memahami budaya dalam melestarikan kearifan lokal serta keanekaragaman pangan yang telah kita dimiliki sejak nenek moyang pada zaman dahulu.

“Kegiatan lomba masak Panginan Sukup Simpan ini merupakan sebagai wujud rasa syukur kita bahwa Kabupaten Barito Utara telah merayakan hari jadinya yang ke 73 tahun. Diharapkan di usai yang ke 73 tahun ini, Kabupaten Barito Utara terus maju dan berkembang,” kata Hj Mery Rukaini disela-sela kegiatan lomba masak, Jumat (14/7/2023).

Hj Mery Rukaini mengatakan lomba Panginan Sukup Simpan ini bertujuan untuk menggali potensi dan kreativitas para peserta sekaligus memasyarakatkan dan mempromosikan masakan tradisional khas Dayak Kalimantan Tengah khususnya di Kabupaten Barito Utara.

“Agar menjadi masakan unggulan dengan cita rasa yang memuaskan, penyajian yang menarik dengan kemasan sehat dan modern serta kandungan gizi yang seimbang,” kata Ketua DPRD Hj Mery Rukaini.

Panginan Sukup Simpan juga kata Ketua DPRD disajikan secara lengkap mulai dari menu wajib, menu pilihan dan menu pelengkap. Panginan Sukup Simpan ini banyak mengandung sumber karbohidrat, sumber protein juga sumber vitamin dan mineral.

Ia juga mengatakan, Panginan Sukup Simpan ini biasanya berbentuk seperti tumpeng sehingga bisa disebut dengan Tumpeng Dayak Kalimantan. Untuk sajian makan ini beraneka ragam yang disajikan dalam satu tempat khusus.

Ketua Dewan menambahkan, kegiatan lomba ini tidak hanya selesai sampai disini saja, akan tetapi lebih dari itu akan menjadi pembelajaran dalam kita dalam menyajikan makan yang sehat dengan tidak mengesampingkan nilai budaya luhur yang kita banggakan.

“Secara khusus saya minta kepada Kader Kader PKK dan organisasi wanita yang ada di Barito Utara untuk dapat memasyarakatkan betapa pentingnya melestarikan makanan khas Dayak Panginan Sukup Simpan yang merupakan bagian dari kekayaan budaya daerah kita, khususnya Kabupaten Barito Utara,” kata Ketua DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini.(drm)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait