Jangan Menyetrum Ikan Di Sungai

By kabarbor - October 25, 2022 |
Post View : 9
Views
9551FF81-0BD0-491A-ADB8-FB9657AD5B7C

MUARA TEWEH – Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Hasrat mengingatkan kepada warga masyarakat khususnya para nelayan jangan menyetrum ikan dalam mencari ikan di sungai dan anak-anak sungai. Pasalnya selain dapat membayakan diri sendiri juga dapat mengakibatkan kepunahan terhadap populasi ikan yang ada.

“Gunakanlah peralatan yang diperbolehkan sesuai dengan aturan pemerintah.Jangan menggunakan peralatan yang tidak diperbolehkan seperti misalnya, sentrum, racun maupun peralatan lainnya . Sebab kegiatan illegal fishing ini dinilai banyak memberikan efek negatif terhadap populasi ikan yang ada,” katanya.

Dikatakannya, kita harus memikirkan untuk jangka panjangnya. Jika masyarakat masih saja menangkap ikan dengan cara illegal, hal ini dapat mengakibatkan populasi ikan di sungai semakin berkurang, bahkan sampai dengan kepunahan.

“Harapannya, kita harus bersama-sama menjaga habitat ikan-ikan yang ada di sungai. Hal ini demi menjaga kelestarian habitat ikan yang ada, sehingga tidak terjadi kepunahan sampai ke anak cucu kita mendatang,” katanya.

Ia juga mengingatkan untuk kedepannya, kalau mencari ikan dengan menggunakan setrum, racun ikan-ikan tersebut semuanya mati, baik yang besar maupun ikan kecil.

“Benar, kita mendapat ikan banyak saat itu, tapi selanjutnya sungai tersebut sudah tidak ada ikan lagi. Kita harus bisa menjaga itu, demi anak cucu kita mendatang,” pungkasnya.(Ard)

91cdc3a3-6e36-4d88-b210-3b389aad2b2d

kabarbor

Artikel Terkait